IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG
Ganang Qory Alfana , 8111413298 (2017) IMPLEMENTASI PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan Publik merupakan suatu kebutuhan yang sangat sakral bagi masyarakat, terutama dalam prosedur yang berbelit-belit serta lamanya proses pelayanan dan kondisi geografis daerah yang berbeda beda. Terkhusus di Kecamatan Gunungpati yang jaraknya lumayan jauh untuk menunju kepusat kota semarang hanya untuk melakukan pelayanan kependudukan atau masalah perizinan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota semarang melaksanakan program dari kementerian Dalam Negeri yang diberi nama PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) Guna meningkatkan proses pelayanan publik agar masyarakat lebih merasa nyaman,aman, dan tepat serta cepat dalam melaksanakan proses pelayanan. Permasalahan yang dikaji adalah Implementasi pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di Kecamatan GunungpatiKota Semarang beserta kendala pelaksanaanya. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pelayanan publik, teori kebijakan publik, teori Good Governance dan konsep pemerintahan daerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif hukum dengan jenis penelitian yuridis-sosiologis. Fokus penelitian pada Implementasi pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) serta kendala pelaksanaannya. Sumber data menggunakan sumber data primer, sekunder dan tertier dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data tersebut kemudian diperiksa keabsahannya melalui validitas data dengan teknik triangulasi dan menggunakan analisis data dengan interactive analisys models. Hasil penelitian menunjukan implementasi pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di Kantor Kecamatan Gunungpati Kota Semarang adalah menerapkan suatu pelayanan yang disebut pelayanan satu pintu yaitu pelayanan Perizinan dan pelayanan Non Perizinan yang difasilitasi dengan ketepatan,kecepatan dan transparansi pelayanan serta penyediaan fasilitas berupa sarana dan prasarana yaang lengkap. Simpulan penelitian ini adalah: (1) Implementasi pelayanan asministrasi terpadu kecamatan (PATEN) Di Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dibagi menjadi dua jenis pelayanan yaitu pelayanan Perizinan dan Non Perizinan; (2) kendala pelaksanaan meliputi pembagian tugas camat, kurangnya pegawai, kordinasi kelurahan yang masih kurang, kualitas jaringan, dan pasrtisipasi masyarakat yaang kurang mengerti tentang PATEN. Penulis memberikan saran bahwa perlu peningkatan jumlah pegawai bagian pelayanan, peningkatan jaringan serta peningkatan sosialisasi ditingkat kelurahan mengenai program PATEN.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pelayanan, Kecamatan, PATEN |
Subjects: | K Law > K Law (General) K Law > KB Hukum |
Fakultas: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 13 Mar 2018 10:34 |
Last Modified: | 13 Mar 2018 10:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30267 |
Actions (login required)
View Item |