KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGKONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO BERTEMA KEWIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK

Lina Dini Rosadi , 2101413067 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGKONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI MENGGUNAKAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO BERTEMA KEWIRAUSAHAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah tidak dapat dipisahkan dengan penggunaan model dan media. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal. Model pembelajaran bertujuan untuk memberikan variasi pembelajaran kepada peserta didik sehingga akan tercipta situasu pembelajaran yang menyenangkan. Adapun media digunakan untuk membantu peserta didik lebih memahami kompetensi yang diajarkan. Model yang bisa digunakan dalam pembelajaran tergolong banyak. Alternatif model yang bisa digunakan yaitu model investigasi kelompok dan model problem based learning. Untuk mengetahui keefektifan model tersebut, maka penelitian ini menerapkan kedua model ke dalam pembelajaran mengkonstruksi atau menulis teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah keefektifan model investagasi kelompok berbantuan media video bertema kewirausahaan pada pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK? (2) bagaimanakah keefektifan model problem based learning berbantuan media video bertema kewirausahaan pada pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK? dan (3) manakah yang lebih efektif antara model investagasi kelompok dan model problem based learning pada pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan (1) mengukur keefektifan model investagasi kelompok berbantuan media video bertema kewirausahaan pada pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK, (2) mengukur keefektifan model problem based learning berbantuan media video bertema kewirausahaan pada pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK, dan (3) mendeskripsikan mana yang lebih efektif antara model investagasi kelompok dan model problem based learning pada pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi pada peserta didik kelas X SMK. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Bawang menggunakan desain penelitian nonequavalent control group design. Kelas X Akuntansi 1 dipilih sebagai kelas eksperimen 1 yaitu kelas yang diberi perlakuan menggunakan model investigasi kelompok dengan media video bertema kewirausahaan, sedangkan kelas X Akuntansi 2 dipilih sebagai kelas eksperimen 2 yaitu kelas yang diberi perlakuan menggunakan model problem based learning dengan media video bertema kewirausahaan. Terdapat tiga kegiatan utama yang dilakukan pada tiap kelas yaitu tes awal (pretest), pemberian perlakuan, dan tes akhir (posttest). Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Instrumen berupa soal proyek berupa menulis teks negosiasi. Di dalam penelitian ini terdapat tiga hasil yaitu (1) hasil uji perbedaan dua rata-rata (uji t) skor tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kelompok investigasi kelompok, diperoleh thitung = -100,124 dan ttabel = -1,993 sehingga thitung berada di daerah penolakan Ho. Selain itu, sig < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penggunaan model investigasi kelompok dan media media video bertema kewirausahaan efektif dilakukan pada pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi; (2) hasil uji uji perbedaan dua rata-rata (uji t) skor tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) kelompok problem based learning, diperoleh thitung = -8,765 dan ttabel = -2,030 sehingga thitung berada di daerah penolakan Ho. Selain itu, sig < 0,05 yaitu 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penggunaan model problem based learning dan media video bertema kewirausahaan efektif dilakukan pada pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi; dan (3) hasil uji t posttest kelompok investigasi kelompok dan kelompok problem based learning yaitu sig < 0,05 yaitu 0,036 < 0,05. Karena sig lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki simpulan bahwa ada perbedaan kondisi akhir antara kelompok investigasi kelompok dan kelompok problem based learning yaitu kemampuan kelompok problem based learning berbantuan media video bertema kewirausahaan lebih efektif digunakan pada pembelajaran mengkonstruksi teks negosiasi dibanding kelompok investigasi kelompok berbantuan media video bertema kewirausahaan setelah masing-masing keduanya diberikan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan (1) guru bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model problem based learning berbantuan media video bertema kewirausahaan, khususnya pada kompetensi mengkonstruksi teks negosiasi, dan (2) peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk meningkatkan kemampuan menulis, khususnya menulis atau dalam hal ini mengkonstruksi teks negosiasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: teks negosiasi, investigasi kelompok, problem based learning, media video bertema kewirausahaan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 12 Mar 2018 15:07
Last Modified: 12 Mar 2018 15:07

Actions (login required)

View Item