KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN MODEL BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PRO CS5 PADA SISWA KELAS XI


Meliy Nurliana , 2101413023 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DAN MODEL BRAINSTORMING DALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PRO CS5 PADA SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (589kB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan dalam pembelajaran bahasa adalah menulis. Memproduksi termasuk dalam keterampilan menulis. Kegiatan memproduksi teks eksplanasi kompleks merupakan salah satu Kompetensi Dasar yang terdapat pada kelas XI SMA. Teks eksplanasi kompleks adalah jenis teks yang baru diajarkan pada Kurikulum 2013, sehingga beberapa guru mengalami kesulitan untuk mengajarkan teks eksplanasi kompleks. Pada pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks yang telah dilaksanakan belum terlaksana dengan maksimal. Selama ini, mayoritas guru menggunakan model pembelajaran yang bersifat satu arah sehingga peserta didik kurang aktif dalam memproduksi teks eksplanasi kompleks yang berdampak pada pembelajaran yang monoton dan membosankan. Selain itu, peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan ide dan kurangnya pemahaman peserta didik mengenai langkah-langkah memproduksi teks eksplanasi kompleks. Salah satu hal penting selalu mendapatkan perhatian serius di dalam pembelajaran adalah penyampaian materi pelajaran supaya mudah dimengerti atau dipahami oleh peserta didik. Pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru, salah satunya dipengaruhi oleh pemilihan model pembelajaran. Model pembelajaran yang diasumsikan sesuai untuk pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks adalah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran brainstorming. Kedua model tersebut dibantu dengan media berbasis Adobe Flash Pro CS5. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengujian perbandingan keefektifan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dan keefektifan model pembelajaran brainstorming dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks pada peserta didik kelas XI. Berdasarkan paparan tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model Think Talk Write (TTW) dengan media berbasis Adobe Flash Pro CS5 terhadap peserta didik kelas IX SMA Negeri 13 Semarang, (2) kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model brainstorming dengan media berbasis Adobe Flash Pro CS5 terhadap peserta didik kelas IX SMA Negeri 13 Semarang, (3) perbandingan model Think Talk Write (TTW) dan brainstorming dengan media berbasis Adobe Flash Pro CS5 terhadap peserta didik kelas IX SMA Negeri 13 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan media berbasis Adobe Flash Pro CS5, (2) mendeskripsikan kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model pembelajaran brainstorming dengan media berbasis Adobe Flash Pro CS5, (3) mendeskripsikan perbedaan keefektifan antara pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model pembelajaran Think Talk Walk (TTW) dan model pembelajaran brainstorming dengan menggunakan media berbasis Adobe Flash Pro CS5 Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Pada penelitian ini, menentukan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write (TTW) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks dibandingkan model pembelajaran brainstorming. kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model Think Talk Write (TTW) memperoleh nilai rata-rata tes akhir sebesar 85,06, sedangkan kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model brainstorming memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,06. Berdasarkan hasil uji t data tes akhir kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan model pembelajaran brainstorming dapat dilihat sig = 0,041 < 0,05 yang berarti H1 diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan secara signifikan antara nilai penggunaan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan nilai penggunaan model pembelajaran brainstorming untuk kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks. Dengan demikian, berdasarkan uraian hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model Think Talk Write (TTW) lebih efektif dibanding kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks menggunakan model pembelajaran brainstorming. Saran yang dapat diberikan, yaitu (1) penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran, yaitu dengan menjadikan model Think Talk Write (TTW) dengan media berbasis Adobe Flash Pro CS5 sebagai alternatif dalam pembelajaran memproduksi teks eksplanasi kompleks, (2) penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian mengenai kemampuan memproduksi teks eksplanasi kompleks dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dan menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk meningkatkan kemampuan memproduksi teks lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : memproduksi teks eksplanasi kompleks, Think Talk Write (TTW),brainstorming, Adobe Flash Pro CS5
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 12 Mar 2018 18:39
Last Modified: 12 Mar 2018 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30260

Actions (login required)

View Item View Item