PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG GERHANA MATAHARI DI DUSUN REJOSARI DESA PRANTEN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG


Hanifah Eka Wibowo , 3201412179 (2017) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG GERHANA MATAHARI DI DUSUN REJOSARI DESA PRANTEN KECAMATAN BAWANG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412179.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mitos yang berkembang di sebagian masyarakat berbeda-beda mengenai gerhana matahari, begitu pula kepercayaan mitos pada masyarakat di Dusun Rejosari Desa Pranten Kecamatan Bawang Kabupaten Batang mengenai penjelasan ilmiah tentang gerhana matahari. Pemanfaatan media audio visual (video) diperlukan untuk mengamati suatu peristiwa atau objek yang dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat agar lebih memahami suatu masalah terutama bagi remaja agar dapat menikmati fenomena gerhana matahari di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat pengetahuan remaja tentang gerhana matahari di Dusun Rejosari (2) Untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media audio visual (video) tentang gerhana matahari di Dusun Rejosari. Desain penelitian menggunakan pre-experimental design dengan pola one group pre test post test design. Penelitian ini mempunyai subyek penelitian yaitu remaja usia 15-21 tahun di Dusun Rejosari Desa Pranten Kecamatan Bawang Kabupaten Batang berjumlah 28 responden. Variabel penelitian ini: 1) tingkat pengetahuan remaja 2) efektifitas media audio visual (video). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliput observasi, dokumentasi, wawancara, teknik tes, dan angket. Teknik analisis data uji perbedaan rata-rata dua kelompok berpasangan (dependent) dan menggunakan analisis deskriptif persentatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata nilai pre test sebesar 60,55, setelah menggunakan media audio visual (video) tentang gerhana matahari adanya peningkatan rata-rata nilai post test sebesar 92,50 dikategorikan sangat baik dengan demikian angka perbedaan rata-rata sebesar 31,942 menunjukan adanya perbedaan yang signifikan. Hasil perhitungan keefektifan media audio visual (video) di dapat hasil 0,654 jika dipersenkan menjadi 65,4% dengan demikian penggunaan media audio visual (video) ini dikategorikan efektif digunakan bagi remaja di Dusun Rejosari. Simpulan penelitian ini adalah agar pemahaman remaja lebih maksimal diharapkan memberikan penjelasan informasi dengan menggunakan media audio visual (video) perlu adanya kesetaraan antara tata bahasa dan tingkat pendidikan, mengingat adanya perbedaan tingkat pemahaman bagi remaja ataupun masyarakat, untuk menerapkan penggunaan media audio visual (video) untuk menyampaikan informasi mengenai kepercayaan/mitos. Mengingat media audio visual (video) terbukti dapat meningkatkan tingkat pengetahuan tentang gerhana matahari. Perlu adanya penelitian lanjutan untuk populasi yang lebih besar dengan kondisi masyarakat dan kepercayaan atau mitos yang beragam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Audio Visual (Video), Pengetahuan Remaja, Gerhana Matahari
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 18:38
Last Modified: 12 Mar 2018 18:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30258

Actions (login required)

View Item View Item