KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TERHADAP ISI BUKU NONFIKSI PADA SISWA KELAS VII SMP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA VIDEO
Umi Aniqoh , 2101413021 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TANGGAPAN TERHADAP ISI BUKU NONFIKSI PADA SISWA KELAS VII SMP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA VIDEO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran keterampilan menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi perlu dilakukan dengan model yang menawarkan kepada siswa untuk aktif berpastisipasi dalam menilai maupun menanggapi materi yang disajikan sehingga siswa terlibat secara langsung dalam pembelajaran. Model yang dirasa sesuai adalah model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Team Assisted Individualization (TAI) dengan bantuan media video sebagai alat bantu penyampaian materi oleh guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) dan Model Team Assisted Individualization (TAI) dalam menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) bagaimana keefektifan model Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi, 2) bagaimana keefektifan model Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi, dan 3) bagaimana perbedaan keefektifan penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) dan model Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan menggunakan dua model penelitian, yaitu model Student Teams Achievement Division (STAD) dan model Team Assisted Individualization (TAI). Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design yang bertujuan untuk membandingkan keefektifan kedua model yang digunakan dalam penelitian. Populasi yang akan digunakan yaitu kelas VII SMP dengan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen satu dan kelas eksperimen dua. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII G dan VII H SMP Negeri 32 Semarang. Sebelum diberi perlakuan, kedua kelas terlebih dahulu diberikan tes awal (pretest) sebagai data awal untuk mengetahui kemampuan siswa. Selanjutnya yaitu pemberian perlakuan menggunakan model yang berbeda pada kelas eksperimen satu dan kelas eksperimen dua. Setelah diberikan perlakuan, kedua kelas tersebut diberikan tes akhir (posttest) untuk mengetahui hasil akhir kemampuan pembelajaran keterampilan menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi. Berdasarkan hasil penelitian, (1) model Student Teams Achievement Division (STAD) efektif digunakan dalam pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi pada siswa kelas VII, (2) model Team Assisted Individualization (TAI) efektif digunakan dalam pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi pada siswa kelas VII, dan (3) model Team Assisted Individualization (TAI) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi pada siswa kelas VII SMP. Hasil akhir menunjukkan nilai rata-rata pembelajaran menggunakan model TAI>STAD yaitu 83,33>78,67. Untuk mengetahui model manakah yang lebih efektif dilakukan uji paired sample test antara model STAD dan model TAI. Hasil menunjukkan bahwa model TAI lebih efektif dibandingkan model STAD dalam pembelajaran menyajikan tanggapan terhadap isi buku nonfiksi pada siswa SMP kelas VII, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) 0.011 <0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Bagi guru Bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model yang sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan, terlebih dengan menggunakan model Student Teams Achievement Division (STAD) dan model Team Assisted Individualization (TAI) yang sudah terbukti keefektifannya. Kedua model tersebut menggunakan kelompok dalam pembelajarannya. Pembelajaran menggunakan model STAD tertuju pada keaktifan siswa dalam pemecahan sebuah masalah yang menuntun siswa bekerjasama dalam sebuah tim, sedangkan pembelajaran menggunakan model TAI siswa harus memiliki pemikiran yang kritis dalam memikirkan pertanyaan yang diberikan oleh guru yang diharapkan pada akhirnya akan terjalin kerjasama antar sesama anggota kelompoknya. Bagi peneliti lain hendaknya penelitian ini dapat menjadi bahan referensi dalam pembelajaran yang digunakan terlebih penggunaan model Student Teams Achievement Division (STAD) dan model Team Assisted Individualization (TAI).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: buku nonfiksi, Student Teams Achievement Division (STAD), Team Assisted Individualization (TAI), media video |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 18:17 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 18:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30256 |
Actions (login required)
View Item |