PEMANFAATAN BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (BMKG) KOTA SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI ATMOSFER DI SMA SEDES SAPIENTIAE SEMARANG TAHUN 2016


Urfan Afiv , 3201412170 (2017) PEMANFAATAN BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA (BMKG) KOTA SEMARANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATERI ATMOSFER DI SMA SEDES SAPIENTIAE SEMARANG TAHUN 2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412170.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Semarang merupakan lembaga pemerintahan Non Departemen yakni suatu Badan Pemerintahan yang berdiri sendiri yakni Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Semarang memiliki sarana dan prasana yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi siswa SMA yakni salah satunya Taman Alat yang terdiri dari alat-alat pengukur cuaca dan iklim. Dalam mata pelajaran geografi materi atmosfer merupakan materi yang cocok untuk memanfaatkan BMKG sebagai sumber belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Bagaimana aktivitas siswa SMA Sedes Sapientiae Semarang dalam pembelajaran outdoor study di BMKG Kota Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah dua guru mata pelajaran geografi dan seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2015/2016 di SMA Sedes Sapientiae Semarang. Untuk pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh keterangan aktivitas siswa dalam pembelajaran outddor study di BMKG Kota Semarang maka dapat diperoleh hasil 92% pembelajaran di BMKG Kota Semarang berjalan sesuai dengan rencana dan 8% yang belum terlaksana. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis maka dapat disimpulkan: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran outdoor study dengan memanfaatkan BMKG Kota Semarang sebagai sumber belajar untuk kelas X SMA Sedes Sapientiae Semarang tahun 2015/2016 sudah berjalan sesuai rencana, hal ini dibuktikan dari hasil analisis aktivitas siswa dalam pembelajaran menunjukan 92% sudah terlaksana dan 8% belum terlaksana. Kemudian terdapat masukan berupa saran untuk sekolah yaitu: (1) Guru dapat menggunakan sumber-sumber belajar lain yang dapat menarik siswa dalam proses belajar. (2) Guru dapat memanfaatkan sumber-sumber belajar yang ada di lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BMKG, Sumber Belajar, outdoor study
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 18:00
Last Modified: 12 Mar 2018 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30253

Actions (login required)

View Item View Item