PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017


LUKMAN NURUL HAKIM , 3201412128 (2017) PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201412128.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (420kB) | Preview

Abstract

Internet merupakan sumber belajar bagi siswa untuk memperoleh berbagai informasi dan ilmu pegetahuan. Memiliki fungsi yang sangat menunjang sebagai sarana penyampaian bahan pengajaran. Saat ini seluruh siswa SMA Negeri 8 Semarang sudah memiliki gadget yang mampu digunakan untuk mengakses internet. Sekolah juga menyediakan sarana pendukung seperti laboratorium komputer dan jaringan hotspot yang dapat dimanfaatkan siswa untuk mendapatkan informasi materi geografi. Berdasarkan kondisi tersebut muncul permasalahan sebagai berikut: 1) Bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi siswa di SMA Negeri 8 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemanfaatan internet sebagai sumber belajar siswa di SMA Negeri 8 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 8 Semarang sebanyak 412 siswa. Sampel diperoleh sebanyak 130 siswa, dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling . Variabel dalam penelitian ini adalah Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Geografi sebagai variabel tunggal dan beberapa sub variabel pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar geografi siswa SMA Negeri 8 Semarang termasuk dalam kriteria baik. Simpulan penelitian: 1) Pemanfaatan internet oleh siswa termasuk dalam kriteria baik yaitu dengan rata-rata yaitu 33,02 , 2) siswa sudah memanfaatkan fasilitas-fasilitas yang diberikan internet dan aplikasi-aplikasi yang mendukungnya, 3) siswa sudah cukup efektif dan efisien dalam cara memanfaatkan internet, 4) intensitas pemanfaatan internet siswa termasuk dalam kategori pengguna berat dengan ratarata akses internet lebih dari 10 jam/minggu 5) Sekolah mempunyai sarana dan prasarana yang mendukung untuk pemanfaatan internet bagi siswa . Saran penelitian: 1) Pihak sekolah dapat selalu melalukan pembaruan sarana dan prasarana internet ,dan 2) Siswa diharapkan lebih meningkatkan durasi akses internet khususnya untuk sumber belajar mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Internet, Sumber Belajar, Geografi
Subjects: L Education > Special Education > Geography Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2018 17:13
Last Modified: 12 Mar 2018 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30251

Actions (login required)

View Item View Item