EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MOVING CLASS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BELAJAR SISWA: STUDI KASUS DI SMK N 2 SEMARANG
Titin Indra Wijayanti , 7101413192 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MOVING CLASS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BELAJAR SISWA: STUDI KASUS DI SMK N 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Guru mempunyai tanggung jawab yang besar menciptakan suasana belajar yang aktif agar siswa senantiasa belajar dengan baik dan semangat. Pihak Sekolah juga berupaya untuk melakukan berbagai perubahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan informan sumber data dilakukan secara purposive dan snowball. Analisis data dengan transcript, coding, classifying, wording, triangulasi. Sumber dari penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SMKN 2 Semarang, Waka Kurikulum SMKN 2 Semarang, Guru SMKN 2 Semarang, Siswa-Siswi SMKN 2 Semarang serta TU SMKN 2 Semarang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh produktivitas belajar siswa dengan penggunaan moving class. Produktivitas belajar siswa meningkat dengan tambahan bimbingan belajar dan siswa di SMKN 2 Semarang memang sudah memiliki kompetensi yang unggul dalam kaitannya dengan keaktifan siswa misalnya semangat dalam mengikuti pembelajaran, ketepatan dalam mengumpulkan tugas, banyak siswa yang mengikuti atau aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler sekolah Kesimpulan dari penelitian ini, penggunaan sistem moving class di SMKN 2 Semarang masih belum efektif. Sehubungan dengan pengaruhnya produktivitas belajar siswa, penulis dapat menyimpulkan tidak ada pengaruh produktivitas belajar siswa. Saran dari penelitian ini: 1) sebaiknya pihak sekolah perlu mengatur ulang mengenai implementasi moving class, 2) tenaga pendidik yang harus lebih meningkatkan kedisiplinan dalam memenuhi jadwal mengajar, dan 3) siswa hendaknya meningkatkan kesadaran dalam disiplin. Teachers have a great responsibility to create an active learning environment to ensure their students always learn well and passionately. Schools can also make changes by providing supportive environment. This research uses qualitative method. The data sources were collected purposively using snowball technique. Data analysis uses transcribing, coding, classifying, wording, and triangulation. The informan of this research are Headmaster, Vice Headmaster of Curriculum, Teachers, Students, and Administrator Staff. The results of this study shows that there is no effect of student learning productivity with the use of moving class. Student learning productivity increases with the addition of tutorial. Students in SMKN 2 Semarang already has superior competences in learning related to the student motivation such as the passion in learning, accuracy in collect of duties, many students who are following or active in extracurricular activities in the school. The conclusion of this study, the use of moving class system in SMKN 2 Semarang has not been implemented effective. Thus the effect of student learning productivity, the author can conclude that there is no effect of student learning productivity. Suggestions from this research: 1) The school need to rearrange the implementation of moving class, 2) Teachers need to improve discipline in fulfill the teaching schedule, and 3) Students need to increase their awareness in discipline
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Produktivitas Belajar Siswa, Moving Class. Student Learning Productivity, Moving Class. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 12 Mar 2018 13:36 |
Last Modified: | 12 Mar 2018 13:36 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30248 |
Actions (login required)
View Item |