EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HOREY (CRH) PADA MATERI KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTs NEGERI KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2016/2017

Ira Vidiawati , 3201412055 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HOREY (CRH) PADA MATERI KERAGAMAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII MTs NEGERI KAWUNGANTEN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Mata pelajaran IPS merupakan gabungan dari beberapa bidang ilmu pengetahuan yaitu geografi, ekonomi, sejarah dan sosiologi. IPS menjadi mata pelajaran yang penting karena akan menjadi bekal siswa dalam kehidupan secara nyata. Berdasarkan observasi awal, pembelajaran IPS di MTs Negeri Kawunganten masih menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan diskusi dengan media buku cetak, LKS, dan power point text, sehingga pembelajaran menjadi monoton, aktivitas belajar rendah, siswa mudah merasa bosan dan membuat hasil belajar siswa belum maksimal. Terbukti ketuntasan klasikal hanya mencapai 58%, sedangkan syarat ketuntasan klasikal yaitu >75%. Diperlukan model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe CRH materi keragaman flora dan fauna di Indonesia mata pelajaran IPS kelas VII MTs Negeri Kawunganten Kabupaten Cilacap tahun 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Kawunganten yang berjumlah 258 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara acak. Sehingga diperoleh siswa kelas VII C sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, dan uji Wilcoxon. Hasil analisis menunjukkan efektivitas pembelajaran dalam kategori efektif. Uji wilcoxon mendapatkan hasil thitung < 0,05 maka nilai posttest lebih baik dari pada nilai pretest. Ketuntasan belajar dibuktikan dengan uji wilcoxon, hasil thitung < 0,05 maka hasil belajar tuntas. Rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 78,41 % masuk dalam kategori tinggi. Respon positif siswa rata-rata 84,62% masuk kategori sangat setuju. Kemapuan guru dalam mengelola pembelajaran rata-rata 71,25% masuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran CRH efektif dalam pembelajaran IPS kelas VII Mts Negeri Kawunganten, sehingga kemampuan dan pengetahuan dan aktivitas siswa meningkat. Saran dari penelitian ini adalah mengadakan penelitian yang lebih mendalam baik guru maupun peneliti lain mengenai tingkat keefektifitasan pembelajaran menggunakan model CRH untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Model Pembelajaran CRH, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: dwi perpus unnes
Date Deposited: 10 Mar 2018 08:56
Last Modified: 10 Mar 2018 08:56

Actions (login required)

View Item