PENGARUH KEGIATAN SENI TARI KREASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB-TK HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 2 SEMARANG


Reny Alvian , 1601411010 (2017) PENGARUH KEGIATAN SENI TARI KREASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI KB-TK HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601411010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (736kB) | Preview

Abstract

Penanaman pendidikan karakter pada anak salah satunya adalah kepercayaan diri. Percaya diri merupakan suatu kebutuhan bagi setiap individu. Sikap percaya diri sangat penting ditanamkan pada anak usia dini agar tumbuh menjadi sosok yang mampu mengembangkan potensinya. Jika anak memiliki rasa percaya diri, anak akan siap menghadapi hidup yang penuh tantangan. Kegiatan seni tari kreasi anak dikenalkan untuk menjadi kreatif dan mandiri. Tujuannya agar anak dapat mengeksplor semua potensi yang masih tersimpan di dalam diri mereka. Menumbuhkan sifat kepercayaan diri pada anak memerlukan latihan yang bertahap namun bukan merupakan sesuatu yang rumit. Menumbukan sifat kepercayaan diri pada anak bisa dimulai dari bentuk sederhana yang merupakan bagian dari keseharian anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pegaruh kegiatan seni tari kreasi terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun. Serta untuk mengetahui adakah peningkatan kepercayaan diri anak melalui kegiatan seni tari kreasi. Pendekatan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan Pre-Experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan skala kepercayaan diri. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa KB-TK Hj Isriati Baiturrahman 2 Semarang. Sampel penelitian ini dari kelompok B3 KB-TK Hj Isriati Baiturraman 2 Semarang dengan jumlah 30 anak. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji-t Paired antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu thitung = -22,173 nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05. Sehingga uji hipotesis diperoleh bahwa Ha diterima. Sebelum diberi treatment nilai mean pretest 69,03 dan setelah diberi treatment nilai mean posttest adalah 100,73. Sehingga terjadi peningkatan mean sebesar 31,7. Hal tersebut berarti kegiatan seni tari kreasi dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di KB-TK Hj. Isriati Baiturahman 2 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri , Seni Tari Kreasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2018 18:52
Last Modified: 13 Mar 2018 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30225

Actions (login required)

View Item View Item