PERILAKU MENIRU ANAK USIA DINI SEBAGAI AKIBAT DARI AKTIVITAS MENONTON FILM KARTUN KESUKAAN (Studi Kasus terhadap Anak Usia 4-6 Tahun di Perum Griya Sekargading Kelurahan Kalisegoro)


Yefie Virgiana , 1601410030 (2017) PERILAKU MENIRU ANAK USIA DINI SEBAGAI AKIBAT DARI AKTIVITAS MENONTON FILM KARTUN KESUKAAN (Studi Kasus terhadap Anak Usia 4-6 Tahun di Perum Griya Sekargading Kelurahan Kalisegoro). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601410030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (997kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan perilaku meniru anak-anak berusia 4-6 tahun karena paparan televisi yaitu film kartun kesukaan. Peneliti melibatkan 4 anak, 2 berjenis kelamin perempuan dan 2 lainnya laki-laki. Tiga di antaranya sudah bersekolah. Informasi tentang anak diperoleh dari ibu, pengasuh, dan guru. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam menggali data peniruan anak, dampak film kartun kesukaan terhadap perilaku anak, dan strategi penanganan orang dewasa. Guna menguji pemahaman awal orang dewasa tentang acara dan film mana yang pantas untuk anak, peneliti menggunakan kuesioner yang dikembangkan dari tes CFLM-PR dan CTV-PR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak memilih film kartun yang rutin tayang di televisi, seperti : Upin dan Ipin, Veer, Adit Sopo Jarwo, Masha and the Bear, Shiva the Cartoon, Pada Jaman Dahulu, dan Boboiboy sebagai film kartun kesukaan. Sampai saat ini anak masih menunjukkan peniruannya terhadap film kartun kesukaan. Baik di rumah maupun di sekolah, anak belum mampu membuat hasil karya seperti coretan/ gambar yang berkaitan dengan film. Kemudian saat anak berlebihan dalam melakukan peniruan, orang dewasa mengarahkan dengan berbagai strategi seperti : meniadakan televisi di kamar anak, menasihati jika terdapat tayangan tidak baik, memeriksa film dan melarang menonton tayangan di luar film yang diperiksa, menonaktifkan mesin televisi saat harus beraktivitas, menyusun batas waktu dan menyusun hari khusus menonton. Kesimpulan penelitian ini adalah anak memiliki ketertarikan terhadap film kartun kesukaan sehingga sampai saat ini masih menunjukkan perilaku meniru tayangan film; dan tergantung pada latar belakang masing-masing anak, tentang seberapa sering atau mirip tidaknya peniruan tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku meniru, paparan televisi
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Lifestyle
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2018 18:37
Last Modified: 04 Apr 2019 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30223

Actions (login required)

View Item View Item