Perlindungan Hukum Terhadap Distributor Terkait Retaller Yang Wanprestasi (Studi Pada Distributor Merdeka Kota Pekalongan)


RISKI PARAMUDITA ANGGRAINI , 8111413184 (2017) Perlindungan Hukum Terhadap Distributor Terkait Retaller Yang Wanprestasi (Studi Pada Distributor Merdeka Kota Pekalongan). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111413184.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perjanjian; Wanprestasi Perjanjian antara Distributor Merdeka dengan Retaller menggunakan sistem pembayaran cash ataupun tempo, meskipun Retaller sudah diberikan keringanan selama 1 minggu untuk pembayaran sistem tempo, namun masih ada Retaller yang tidak memenuhi pembayaran ataupun menunda pembayaran yang biasa disebut sebagai wanprestasi, akhirnya distributor Merdeka mengalami kerugian, Sementara kurangnya pemahaman hukum, upaya yang selama ini dilakukan distributor Merdeka hanya sebatas teguran secara lisan saja, untuk itu dalam skripsi ini perlu dipahami bagaimana perlindungan hukum terhadap distributor dan bagaimana upaya yang dapat dilakukan distributor Merdeka menghadapi kerugian yang dialaminya? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah empiris dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari kehidupan masyarakat dengan cara wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui: (1) Perlindungan hukum terhadap distributor menggunakan Pasal 6 Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Ketentuan Umum Distribusi Barang, perjanjian tersebut termasuk perjanjian innominaat yang belum diatur secara khusus dalam KUHPerdata namun tetap tunduk pada ketentuan perjanjian pada umumnya yang dijelaskan Pasal 1319 KUHPerdata. (2) Upaya yang dapat dilakukan distributor Merdeka menghadapi Retaller yang wanprestasi adalah menuntut pemenuhan perjanjian, pembatalan perjanjian atau meminta ganti kerugian kepada Retaller berupa surat peringatan kepada Retaller yang disebut somasi, adapun upaya lain yaitu penyelesaian diluar pengadilan yang disebut Alternatif Penyelesaian Sengketa yaitu negosiasi, mediasi, konsiliasi, dan arbitase.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Distributor Merdeka; Retaller; Perlindungan Hukum;
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 08 Mar 2018 17:37
Last Modified: 08 Mar 2018 17:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30208

Actions (login required)

View Item View Item