HUBUNGAN SELF AWARENESS TERHADAP SAFETY BEHAVIOR DITINJAU DARI MASA KERJA YANG BERBEDA PADA KARYAWAN CV. PRIMA UTAMA DI TEMANGGUNG


Satria Rifqi P. P., 1511412094 (2017) HUBUNGAN SELF AWARENESS TERHADAP SAFETY BEHAVIOR DITINJAU DARI MASA KERJA YANG BERBEDA PADA KARYAWAN CV. PRIMA UTAMA DI TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412094.pdf] PDF - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Bekerja menjadi rutinitas dalam kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup, apapun itu jenis pekerjaannya pasti akan ada resiko jika tidak dilakukan secara hati-hati dan teliti. Begitu pula dengan bekerja di pabrik bagian produksi, dimana akan terdapat banyak alat atau mesin yang berpotensi membahayakan diri (human error). Untuk itu pekerja dituntut memiliki kesadaran diri yang tinggi agar berperilaku aman pada saat bekerja dalam berbagai situasi dan kondisi. Kurangnya safety behavior menyebabkan pekerja menunjukan perilaku tidak aman pada saat bekerja. Safety behavior adalah perilaku karyawan dalam menggunakan alat keamanan pada saat bekerja yang dapat diamati langsung dengan tujuan mengurangi kecelakaan kerja. Sedangkan self awareness adalah kesadaran diri terhadap keadaan dimana seseorang bisa memahami dirinya sendiri dengan setepat-tepatnya, dengan kesadaran diri seseorang tersebut dapat mengontrol tingkah laku serta penguasaan diri. Semakin tinggi self awareness maka semakin tinggi kontrol kesadaran dirinya untuk menerapkan safety behavior, sebaliknya semakin rendah self awareness pekerja tersebut maka semakin rendah pula kontrol kesadaran dirinya menerapkan safety behavior. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain regresi korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 32 karyawan, yang kemudian semua anggota populasi akan dijadikan sampel penelitian. Oleh karena itu, jumlah populasi sama dengan jumlah sampel. Pengumpulan data menggunakan model skala Likert dengan dua macam skala psikologi, yaitu skala safety behavior dan skala self awareness. Pengujian validitas skala safety behavior dan skala self awareness dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson, sedangkan pengujian reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik alpha Cronbach. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat self awareness karyawan pada perusahaan CV. Prima utama di Temanggung termasuk dalam kategori tinggi. Tingkat safety behavior karyawan pada perusahaan CV. Prima utama di Temanggung termasuk dalam kategori tinggi. Tidak ada hubungan antara self awareness dengan safety behavior karyawan pada perusahaan CV. Prima utama di Temanggung. Ada hubungan antara self awareness dengan safety behavior karyawan dengan masa kerja diatas 5 tahun pada perusahaan CV. Prima utama di Temanggung. Tidak ada hubungan antara self awareness dengan safety behavior karyawan dengan masa kerja dibawah 5 tahun pada perusahaan CV. Prima utama di Temanggung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Awareness, Safety Behavior, Masa Kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 08 Mar 2018 18:15
Last Modified: 04 Apr 2019 17:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30203

Actions (login required)

View Item View Item