HUBUNGAN ANTARA HEALTH ORIENTATION DENGAN SUBJECTIVE VITALITY PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Junita Arnawati , 1511412073 (2017) HUBUNGAN ANTARA HEALTH ORIENTATION DENGAN SUBJECTIVE VITALITY PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Individu yang merasa bergairah, berenergi, dan bersemangat dalam menjalani setiap aktivitasnya akan mendorong individu untuk meneruskan hidup dan mempertahankan hidupnya serta senantiasa siap siaga untuk menerima tugas yang belum terduga sebelumnya. Hal itu menyebabkan, individu yang merasa bugar mempunyai pandangan untuk senantiasa menjaga kesehatan agar selalu produktif setiap hari dan mempunyai cadangan energi lebih dalam rangka mengoptimalkan segala potensi yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui health orientation dengan subjective vitality pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah 3449 mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang, sampel untuk penelitian ini sebesar 10% dari populasi mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan yaitu berjumlah sebanyak 350 orang. Peneliti menggunakan penentuan responden menggunakan metode insidental sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik product moment yang perhitungannya menggunakan program software analisis data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi health orientation dengan subjective vitality adalah sebesar r = 0,607 dengan nilai signifikansi atau p = 0,000. Nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan Y. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi tersebut, maka hipotesis kerja yang diajukan yaitu ada hubungan antara health orientation dengan subjective vitality pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang maka hipotesis diterima. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan perasaan bugar pada diri setiap orang agar mereka mempunyai arahan perilaku hidup sehat sehingga dapat mengoptimalkan segala potensi yang dimilikinya dan dapat berfungsi secara penuh di segala bidang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: subjective vitality, health orientation
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
O Sport > Education, Training, Research
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 08 Mar 2018 22:49
Last Modified: 03 Apr 2019 01:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30201

Actions (login required)

View Item View Item