EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN VIDEO GAME VISUAL NOVEL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK


Fatkhuriza Abdulmanaf A, 1511410078 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBANTUAN VIDEO GAME VISUAL NOVEL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511410078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena masih sedikitnya pelajar yang memiliki minat belajar matematika yang tinggi dan stabil, dimana hal itu memberi kaitan pada rata-rata penguasaan matematika pelajar kelas 2 SMP di Indonesia yang tidak memiliki peningkatan signifikan dalam beberapa tahun terakhir, sehingga terindikasi bahwa kebijakan pendidikan di Indonesia tidak membuatnya lebih baik. Dalam dunia pendidikan, teknologi sering digunakan untuk memaparkan materi pembelajaran. Beberapa sekolah masih belum bisa dikatakan mengadopsi teknologi dalam pendidikan dengan merata dan efisien Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 62 siswa. Data penelitian diambil menggunakan skala minat belajar matematika. Skala skala minat belajar matematika terdiri dari 58 aitem tervalidasi dan koefisien alpha cronbach reliabilitasnya 0,730. Perlakuan dengan metode pembelajaran berbantuan Video Game Visual Novel dilakukan sebanyak 6 kali. Metode analisis data menggunakan uji t berpasangan (paired samples test) Hasil menunjukkan tidak adanya perbedaan yang signifikan minat belajar siswa sebelum diberikan perlakuan dengan metode pembelajaran berbantuan Visual Novel Video Game dan yang sudah diberikan perlakuan, hal ini ditandai dengan diperolehnya nilai p 0,407 (> 0,05), dengan perbedaan mean antara pretest dan posttest sebesar 3,59677. Skor yang diperoleh diatas membuktikan bahwa metode pembelajaran berbantuan video game visual novel tidak dapat mempertahankan minat belajar siswa kelas VIII SMP Islam Sudirman Ambarawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Video Game Visual Novel, metode pembelajaran, Minat Belajar Matematika
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 07 Mar 2018 13:37
Last Modified: 04 Apr 2019 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30186

Actions (login required)

View Item View Item