EFEKTIFITAS KEGIATAN RESES ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2014-2019 (STUDI DAERAH PEMILIHAN 1 KOTA SEMARANG)


EKA SUJANA , 8111413120 (2017) EFEKTIFITAS KEGIATAN RESES ANGGOTA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2014-2019 (STUDI DAERAH PEMILIHAN 1 KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 8111413120.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan reses yang dilakukan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah merupakan kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) kali dalam setahun, yaitu dengan suatu komunikasi politik yang konsisten dengan masyarakat yg menjadi anggota konstituennya. Kegiatan reses bertujuan menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada kontituen didaerah pemilihan sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan. Permasalahan yang dikaji adalah: 1) Kegiatan reses yang dilakukan anggota DPRD Provinsi Jateng Periode 2014-2019 khususnya pada Daerah Pemilihan I. 2) Faktor penghambat dan pendukung dalam menjalani kegiatan reses yang dilakukan anggota DPRD Provinsi Jateng Periode 2014-2019 pada Daerah Pemilihan I . Metode penelitian menggunakan metode : pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yuridis empiris. Sumber data penelitian : data primer diperoleh dari hasil wawancara sedangkan data sekunder dari dokumen dan literatur. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai efektifitas kegiatan reses Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah periode 20142019 (Studi Daerah Pemilihan 1 Kota Semarang), yaitu sebelum masa kegiatan reses dilaksanakan Rapat Pimpinan dan atau Badan Musyawarah, serta koordinasi mengenai waktu dan tempat kegiatan reses. Lalu saat masa reses dilaksanakan dengan acara sambutan, pemberian materi, dan forum diskusi oleh anggota dewan dan kontituen. Seteleh masa reses selesai, masing-masing anggota dewan membuat laporan reses dan di kumpulkan pada masing-masing fraksi, pelaporan hasil kegiatan reses pada saat sidang paripurna, dan evaluasi kegiatan reses antara anggota DPRD dan pengurus partai. Faktor Penghambat kegiatan reses yaitu, waktu reses yang terbatas, minimnya partisipasi konstituen, rendahnya motivasi, lemahnya follow up, sanksi reses yang kurang tegas. Kemudian faktor pendukungnya dari dana reses, dan pengaruh latar belakang partai. Simpulannya anggota dewan cukup efektif dalam melakukan kegiatan reses, dengan mengikuti Badan Musyawarah sebelum kegiatan reses, dan melaksanakan kegiatan reses sesuai dengan waktu, dan telah membuat laporan berdasarkan aspirasi yang telah diserap. Disisi lain minimnya jumlah masyarakat yang berpatisipasi saat menghadiri kegiatan reses akan berpengaruh dari hasil laporan reses anggota DPRD serta pada efektifnya kegiatan reses itu sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Reses DPRD Provinsi Jawa Tengah, Aspirasi Konstituen, Faktor Penghambat dan Faktor Pendukung.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KB Hukum
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 07 Mar 2018 12:56
Last Modified: 07 Mar 2018 12:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30177

Actions (login required)

View Item View Item