PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN DEWAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015)


Lolo Oktavia , 7311413025 (2017) PENGARUH LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN, PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, DAN UKURAN DEWAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413025.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas, profitabilitas, struktur modal, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan ukuran dewan perusahaan terhadap nilai perusahaan. Variabel nilai perusahaan diukur dengan Price to Book Value (PBV), variabel likuiditas diukur dengan Current Ratio (CR), variabel profitabilitas diukur dengan Return on Equity Ratio (ROE), variabel struktur modal diukur dengan Debt to Equity Ratio (DER), ukuran perusahaan diukur dengan size, pertumbuhan perusahaan diukur dengan growth, dan ukuran dewan diukur dengan board size. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2015. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria yang telah ditentukan diperoleh sampel sejumlah 79 perusahaan dengan semua jenis. Data penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan annual report melalui website Bursa Efek Indonesia. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CR, DER, growth, dan board size tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan, ROE berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan size berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dengan tingkat signifikansi 0,005 < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan ROE secara konsisten memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan pada semua jenis perusahaan, sedangkan growth secara konsisten juga tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan pada semua jenis perusahaan. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi atau tambahan informasi. Bagi perusahaan diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan dan referensi oleh perusahaan dalam upaya memaksimalkan nilai perusahaan sebagai tujuan utama perusahaan kaitannya untuk keberlangsungan perusahaan berikutnya. Bagi investor penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi yang berguna bagi investor dalam pengambilan keputusan untuk berinvestasi dengan melihat profitabilitas (ROE), ukuran perusahaan (size) karena berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai perusahaan, likuiditas, profitabilitas, struktur modal, pertumbuhan perusahaan, ukuran dewan, ukuran perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:54
Last Modified: 16 May 2019 19:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30158

Actions (login required)

View Item View Item