PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM GENTENG KABUPATEN KEBUMEN


VERA DWI CAHYANI , 7311413024 (2017) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN LINGKUNGAN INDUSTRI TERHADAP KINERJA PEMASARAN MELALUI STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM GENTENG KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelaku usaha harus memiliki karakteristik kewirausahaan dan memiliki pandangan terhadap lingkungan industri untuk meningkatkan kinerja pemasaran dengan menerapkan strategi pemasaran. Namun, untuk mencapainya, UMKM Genteng Kabupaten Kebumen seringkali mengalami kendala terkait persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh orientasi kewirausahaan dan lingkungan industri terhadap kinerja pemasaran secara langsung dan tidak langsung melalui strategi pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM Genteng Kabupaten Kebumen yang berjumlah 350 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Metode penelitian menggunakan analisis jalur (path analysis) melalui program IBM SPSS 21. Hasil penelitian menyatakan bahwa orientasi kewirausahaan dan lingkungan industri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, namun strategi pemasaran tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Kemudian untuk pengaruh mediasi dihasilkan bahwa pengaruh analisis jalur kedua variabel bebas lebih besar dari pengaruh langsungnya terhadap kinerja pemasaran, hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran mampu memediasi orientasi kewirausahaan dan lingkungan industri terhadap kinerja pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa orientasi kewirausahaan dan lingkungan industri berpengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap kinerja pemasaran melalui strategi pemasaran, sedangkan strategi pemasaran tidak memiliki pengaruh langsung terhadap kinerja pemasaran. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menambahkan variabel lain yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran UMKM dan dapat menggunakan variabel intervening lain yang dapat memediasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Orientasi Kewirausahaan, Lingkungan Industri, Strategi Pemasaran, Kinerja Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:54
Last Modified: 16 May 2019 19:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30157

Actions (login required)

View Item View Item