PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, GROWTH DAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Yang Tercatat di BEI Tahun 2011-2015)


Ani Andriyani , 7311413017 (2017) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, GROWTH DAN INSTITUTIONAL OWNERSHIP TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan Yang Tercatat di BEI Tahun 2011-2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bagi investor, dividen merupakan salah satu motivator untuk menanamkan dana di pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, growth dan institutional ownership terhadap kebijakan dividen dengan firm size sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Jumlah populasi penelitian ini adalah 449 perusahaan dan setelah menggunakan teknik purposive sampling jumlah sampel menjadi 33 perusahaan. Pengolahan data menggunakan Eviews 8. Teknik analisa yang dipakai dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan analisis regresi moderasi yaitu untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, growth dan institutional ownership terhadap kebijakan dividen dengan firm size sebagai variabel moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan growth berpengaruh positif signifikan, likuiditas berpengaruh negatif tidak signifikan, institutional ownership berpengaruh positif tidak signifikan terahadap kebijakan dividen perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Firm size memperkuat pengaruh profitabilitas dan institutional ownership, namun memperlemah pengaruh likuiditas dan growth terhadap kebijakan dividen perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2015. Pengaruh firm size dalam memoderasi variabel indpenden terhadap variabel dependen tidak signifikan sehingga disebut Homologizer Moderator, artinya variabel tersebut potensial menjadi variabel moderasi. Dengan demikian, pada saat profitabilitas perusahaan tinggi dapat dijadikan sinyal bagi investor untuk membagikan dividen dan pada saat perusahaan pada tahap pertumbuhan, maka perusahaan lebih memilih labanya ditahan untuk membiayai investasi yang menguntungkan.Saran yang dapat diberikan kepada investor sebaiknya memperhatikan profitabilitas, pertumbuhan dan ukuran perusahaan ketika akan menanamkan modalnya agar mendapatkan dividen dalam jumlah yang relatif besar.Bagi manajemen perusahaan, sebaiknya perusahaan memperhatikan peluang investasi yang dimiliki dan perusahaan dapat menggunakan kebijakan dividen residual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Dividen, Profitabilitas, Likuiditas, Growth, Institutional Ownership, Firm Size
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:53
Last Modified: 16 May 2019 19:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30153

Actions (login required)

View Item View Item