PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DAN DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Industri Perbankan Indonesia dan Thailand)


Arni Mei Sari , 7311413016 (2017) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DAN DAMPAKNYA PADA NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Industri Perbankan Indonesia dan Thailand). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (997kB) | Preview

Abstract

Corporate governance merupakan kunci sukses perusahaan untuk tumbuh secara berkelanjutan dan dapat menguntungkan dalam jangka panjang. Good corporate governance mendorong perusahaan untuk memakmurkan pemegang saham agar dapat meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate governance yang diukur dengan transparency and disclosure index, proporsi komisaris independen dan ukuran komite audit terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen sebagai variabel mediasi. Populasi dalam penelitian ini adalah industri perbankan yang terdaftar di Indonesia Stock Exchange dan Stock Exchange of Thailand periode 2011-2015. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga memperoleh sampel sebanyak 17 perbankan Indonesia dan 11 perbankan Thailand. Analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis jalur serta uji Sobel test dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil analisis menunjukkan transparency and disclosure index dan proporsi komisaris independen berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen di Indonesia maupun Thailand. Ukuran komite audit berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kebijakan dividen di Indonesia maupun Thailand. Transparency and disclosure index berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan di Indonesia, sedangkan di Thailand berpengaruh positif tidak signifikan. Proporsi komisaris independen dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan di Indonesia, sedangkan di Thailand hanya proporsi komisaris independen yang berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Ukuran komite audit berpengaruh negatif tidak signifikan di Indonesia maupun Thailand. Hasil analisis jalur dan Sobel test menunjukkan kebijakan dividen bukan sebagai variabel mediasi antara transparency and disclosure index, proporsi komisaris independen dan ukuran komite audit terhadap nilai perusahaan di Indonesia maupun Thailand. Simpulan penelitian ini adalah proporsi komisaris independen dan kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan di Indonesia dan proporsi komisaris independen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan di Thailand. Saran bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan proksi yang berbeda untuk mengukur corporate governance dan menambah variabel lain yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan dan memilih variabel lain sebagai variabel mediasi, karena terbukti kebijakan dividen bukan sebagai variabel mediasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Corporate Governanc, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:53
Last Modified: 16 May 2019 19:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30152

Actions (login required)

View Item View Item