GENDER MEMODERASI PENGARUH PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA, SIKAP PERENCANAAN KEUANGAN, DAN PEER GROUP TERHADAP FINANCIAL LITERACY (Studi empiris pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2014)


Nida Usanah , 7101413170 (2017) GENDER MEMODERASI PENGARUH PENDIDIKAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA, SIKAP PERENCANAAN KEUANGAN, DAN PEER GROUP TERHADAP FINANCIAL LITERACY (Studi empiris pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2014). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413170.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Financial literacy adalah pemahaman, keterampilan dalam pengelolaan keuangan setiap individu. Pengelolaan keuangan yang baik maka akan tercipta kesejahteraan. Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menaruh perhatian penuh pada peningkatan well literate Indonesia, dimulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Sebab, Survei Nasional Financial literacy dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada tahun 2016 menunjukkan hasil 29,66% untuk pemahaman financial literacy masyarakat Indonesia. Hal tersebut mengindikasikan masih rendahnya financial literacy Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor dari pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, sikap perencanaan keuangan, peer group dapat mengetahui pengaruh terhadap financial lieteracy yang dimoderasi oleh gender. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuensioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 165 yang merupakan mahasiswa mahasiswa aktif Pendidikan Akuntansi 2014. Sampel sebanyak 165 mahasiswa diperoleh melalui sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis moderated regression analysis (MRA) untuk statistik inferensialnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pengelolaan keuangan keluraga, sikap perencanaan keuangan, dan peer group secara parsial berpengaruh terhadap financial literacy. Namun, gender sebagai variabel moderating secara parsial tidak terbukti memoderasi pengaruh pendidikan pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, sikap perencanaan keuangan, dan peer group terhadap financial literacy. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, sikap perencanaan keuangan, dan peer group merupakan faktor dari financial literacy. Namun, gender tidak dapat mempertinggi atau memperlemah pendidikan pengelolaan keuangan keluarga, sikap perencanaan keuangan, dan peer group terhadap financial literacy. Financial literacy is an understanding, skill in financial management of each individual. Good financial management will create prosperity. The Government through the Financial Services Authority (OJK) is paying full attention to improving Indonesia's well literate, starting from elementary school to university. The National Survey of Financial Literacy and Financial Inclusion (SNLIK) conducted by OJK in 2016 shows the result of 29.66% for the understanding of financial literacy of Indonesian society. This indicates the still low financial literacy of Indonesia. This study aims to determine whether the factors of family financial management education, the attitude of financial planning, peer group can determine the effect on gender-moderated financial lieteracy. This research is quantitative research, data collection technique using quesioner. The population in this study is 165 which is students active Accounting Education 2014. Sample as many as 165 students obtained through saturated samples. Data analysis techniques are used descriptive analysis and analysis of moderated regression analysis (MRA) for inferential statistics. The results showed that education management of family finance, attitude of financial planning, and peer group partially influence to financial literacy. However, gender as partially moderating variable is not proven to moderate the influence of education on family financial management, financial planning attitude, and peer group toward financial literacy. Based on the results of research can be concluded that family financial management education, financial planning attitude, and peer group is a factor of financial literacy. However, gender can not enhance or weaken family financial management education, financial planning attitude, and peer group against financial literacy.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, Sikap Perencanaan Keuangan, Peer group, Gender Financial Literacy, Family Financial Management Education, Financial Planning Attitude, Peer group, Gender
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 05 Mar 2018 18:48
Last Modified: 05 Mar 2018 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30150

Actions (login required)

View Item View Item