PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Elly Anggraeni , 7101413165 (2017) PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413165.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (813kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan tindakan mengkonsumsi barang dan jasa bukan untuk mencukupi kebutuhan tetapi untuk memenuhi keinginan sehingga menimbulkan pemborosan dan pengeluaran yang tidak tepat guna. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tergolong tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk megetahuipenggunaan media sosial dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2014 yang berjumlah 968 mahasiswa dengan sampel penelitian 91 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini diperoleh persamaan regresiY = 16,367 + 0,743X1 + 1,204X2.Media sosial dan status sosial ekonomi orang tua secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas negeri Semarang dengan kontribusi 42,2%, secara parsial media sosial berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 31,3%. Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumtif 19,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat pengaruh media sosial dan status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang baik secara simultan maupun pasrsial. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini bagi responden yaitu untuk terus belajar mengatur keuangan dalam memnuhi kebutuhan sehari-hari dan membuat skala prioritas untuk memilih kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan menggunakan media sosial untuk hal yang positif agar tidak terjadi perilaku konsumtif. Consumptive behavior is the act of consuming goods and services; it is not to satisfy the needs but to satisfy the desire that leading to inappropriate waste and expenses. Based on the result of initial observation, it is showed that students’ consumptive behavior at Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang in the academic year 2014/2015 is high. This study aims to describe the influence of social media use and socio-economic status of parents toward students’ consumptive behavior at Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, either simultaneously or partially. The population in this study was the students at Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang in the academic year 2014/2015. The total of the students were 968 students; 91 students were chosen as sample. This study used quantitative approach and also data collection method in the form of questionnaires. The analytical method of the study was descriptive statistic analysis and multiple linier regression analysis. The result of this study showed that the equation regression was Y = 16.367 + 0.743X1 + 1.204X2. It means that social media and socio-economic status of parents simultaneously have influence to the students’ consumptive behavior at Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, with the contribution of 42.2%. While partially, social media was 31.3% influential and the socio-economic status of parents was 19.7% influential towards students ’consumptive behavior. Based on the result, it can be concluded that there is influence of social media use and socio-economic status of parents toward students’ consumptive behavior at Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang in the academic year 2014/2015, either simultaneously or partially. The writer suggests that students should keep learning about financial management in fulfilling their daily needs and make a list of priorities for choosing necessary needs and using social media for positive things in order to avoid consumptive behavior.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Perilaku Konsumtif. Social Media, Socio-Economic status of Parents, Consumptive behavior.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 05 Mar 2018 18:42
Last Modified: 05 Mar 2018 18:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30149

Actions (login required)

View Item View Item