KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK, PAIR, SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) DENGAN MEDIA TELLING CARD (KARTU CERITA) PADA PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL UNTUK SISWA SMP KELAS VII


Istiqomah Yuniarti , 2101413015 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK, PAIR, SHARE (TPS) DAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC (VAK) DENGAN MEDIA TELLING CARD (KARTU CERITA) PADA PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS FABEL UNTUK SISWA SMP KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413015.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di era penggunaan Kurikulum Nasional (Kurnas), banyak model-model pembelajaran yang bervariasi. Dari banyaknya model pembelajaran yang ada, pada pembelajaran keterampilan menceritakan kembali juga diperlukan model yang tepat. Keterampilan menceritakan kembali isi teks fabel merupakan salah satu keterampilan berbicara yang termasuk dalam Kompetensi Dasar Kurikulum Nasional (Kurnas) untuk jenjang SMP kelas VII. Oleh sebab itu, peneliti memberikan solusi berupa penerapan model pembelajaran yang efektif, yaitu model pembelajaran tipe Think, Pair, Share (TPS) dan model pembelajaran tipe Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK). Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu 1) bagaimana keefektifan model pembelajaran tipe Think, Pair, Share (TPS) pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks fabel dengan bantuan media Telling Card (Kartu Cerita) untuk siswa kelas VII SMP?, 2) bagaimana keefektifan model pembelajaran tipe Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks fabel dengan bantuan media Telling Card (Kartu Cerita) untuk siswa kelas VII SMP?, 3) manakah yang lebih efektif antara model pembelajaran tipe Think, Pair, Share (TPS) dan model pembelajaran tipe Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks fabel dengan media Telling Card (Kartu Cerita) untuk kelas VII SMP? Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D dengan model pembelajaran tipe Think, Pair, Share (TPS) dan siswa kelas VII C dengan model pembelajaran tipe Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) SMP Negeri 38 Semarang, kedua model tersebut akan dibantu media Telling Card (Kartu Cerita). Hasil penelitian menunjukkan, model pembelajaran tipe Think, Pair, Share (TPS) berbantuan media Telling Card (Kartu Cerita) terbukti efektif untuk pembelajaran menceritakan kembali teks fabel. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata sikap sebesar 2,60 dengan kecenderungan sikap santun, dan rata-rata nilai keterampilan sebesar 82,41. Model pembelajaran tipe Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media Telling Card (Kartu Cerita) juga terbukti efektif untuk pembelajaran menceritakan kembali teks fabel. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai sikap sebesar 2,39 dengan kecenderungan sikap percaya diri dan rata-rata nilai keterampilan adalah 75,64. Hasilnya, model pembelajaran tipe Think, Pair, Share (TPS) lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran tipe Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK). Hasil nilai kedua model menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan tingkat signifikasi 0,001 yang berarti 0,001 < 0,05 (Ha diterima). Sesuai dengan bukti rata-rata nilai di atas, terdapat selisih hasil rata-rata nilai sikap sebesar 0,21, dan selisih rata-rata nilai keterampilan sebesar 6,75, dan dari kedua nilai tersebut, model pembelajaran tipe Think, Pair, Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran tipe Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK). Untuk itu, saran yang direkomendasikan, yaitu 1) guru bahasa Indonesia hendaknya berinovasi dalam menggunakan model-model pembelajaran untuk pembelajaran menceritakan kembali isi teks fabel, salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah menerapkan model pembelajaran tipe Think, Pair, Share (TPS) dengan bantuan media Telling Card (Kartu Cerita), 2) peneliti lain yang ada dalam bidang yang sama dengan penelitian ini dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Teks Fabel, model Think Pair Share (TPS), model Visualization Auditory Kinesthetic (VAK), media Kartu Cerita
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Mar 2018 17:38
Last Modified: 05 Mar 2018 17:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30147

Actions (login required)

View Item View Item