KEEFEKTIFAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING TIPE ROUND TABLE DAN TIPE SEQUENCE CHAINS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDU, TEMANGGUNG
Hana Amalia , 2101412172 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING TIPE ROUND TABLE DAN TIPE SEQUENCE CHAINS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KEDU, TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (777kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran sastra di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) saat ini sudah diarahkan pada kegiatan apresiasi sastra. Siswa dituntut untuk tidak sekadar menikmati karya sastra dengan membaca tetapi diharapkan mampu menghasilkan karya sastra. Salah satu jenis karya sastra yang diajarkan pada siswa tingkat menengah pertama (SMP) yaitu pembelajaran teks cerita pendek. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SMP Negeri 3 Kedu, Temanggung diperoleh informasi bahwa kemampuan siswa dalam penulisan karya sastra masih kurang karena siswa belum terbiasa mengungkapkan ide atau gagasan secara tertulis. Kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam mengajarkan materi menulis teks cerpen menjadi salah satu faktor penghambat siswa dalam menulis. Siswa menjadi bosan dan kurang antusias saat proses belajar berlangsung sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal. Oleh sebab itu, peneliti ingin melakukan penelitian dengan menerapkan model kolaboratif tipe Round Table dan tipe Sequence Chains untuk mengatasi permasalahan siswa dalam menulis teks cerpen serta meningkatkan keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan model kolaboratif tipe Round Table dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP, (2) mengetahui keefektifan model kolaboratif tipe Sequence Chains dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP, (3) mengetahui perbandingan keefektifan model pembelajaran kolaboratif tipe Round Table dan tipe Sequence Chains dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Experiment Research) dengan desain quasi experimental (pretest – posttest two experimental group design). Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster random sampling yaitu mengambil tiga kelas secara acak pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kedu dengan ditetapkannya kelas VII A (kelas kontrol), kelas VII B (kelas eksperimen I), dan kelas VII C (kelas eksperimen II). Kelas eksperimen I yang berjumlah 23 siswa diberi perlakuan dengan model kolaboratif tipe Round Table, kelas eksperimen II yang berjumlah 24 siswa diberi perlakuan dengan model kolaboratif tipe Sequence Chains, dan kelas kontrol yang berjumlah 24 siswa tidak diberi perlakuan apapun. Sebelum diberi perlakuan siswa diminta mengerjakan soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek. Selanjutnya diberi perlakuan dan di akhir pembelajaran siswa diminta mengerjakan soal posttest untuk mengetahui hasil akhir keterampilan siswa dalam menulis teks cerita pendek. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa (1) model pembelajaran kolaboratif tipe Round Table efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP, (2) model pembelajaran kolaboratif tipe Sequence Chains efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP, dan (3) tidak ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan penerapan model kolaboratif tipe Round Table dan tipe Sequence Chains dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP karena kedua tipe model pembelajaran tersebut sama-sama belajar dengan cara berdiskusi kelompok. Tetapi kedua model pembelajaran kolaboratif tersebut lebih efektif diterapkan pada proses pembelajaran menulis teks cerita pendek dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran yang digunakan guru. Saran dari peneliti terkait dengan penerapan model pembelajaran kolaboratif tipe Round Table dan tipe Sequence Chains adalah guru hendaknya memberikan batasan waktu yang lebih lama pada saat proses pembelajaran dengan model kolaboratif tipe Round Table berlangsung agar hasil menulis teks cerita pendek siswa menjadi maksimal. Selain itu penggunaan media pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menarik sangat membantu saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa akan terbantu dalam menuangkan ide, mengembangkan alur, mendeskripsikan tokoh dan penokohan, mengembangkan latar, serta menyusun kalimat menjadi teks cerita pendek yang utuh dan padu. Sebaiknya guru juga memilih tema pembelajaran yang mudah dan menarik agar siswa tidak cepat bosan selama proses pembelajaran. Hendaknya guru memiliki tips dan trik dalam mensiasati siswa yang jenuh saat proses pembelajaran berlangsung misalnya dengan memberikan ice-breaking di tengah proses pembelajaran, menayangkan tayangan video motivasi atau menceritakan kisah pengalaman yang lucu dan menarik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Pembelajaran Menulis Teks Cerita Pendek, Model kolaboratif tipe Round Table, Model Kolaboratif Tipe Sequence Chains |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 17:26 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 17:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30143 |
Actions (login required)
View Item |