FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB LULUSAN SMP TIDAK MELANJUTKAN KE JENJANG SMA/ SEDERAJAT DI DESA KUMESU KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG TAHUN 2015


Riyatmoko Aji , 3201411164 (2017) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB LULUSAN SMP TIDAK MELANJUTKAN KE JENJANG SMA/ SEDERAJAT DI DESA KUMESU KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG TAHUN 2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201411164.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (335kB) | Preview

Abstract

Zaman sudah semakin maju namun fenomena anak yang tidak melanjutkan sekolah masih banyak terjadi khususnya di daerah pedesaan. Desa Kumesu menjadi daerah dengan jumlah anak yang tidak melanjutkan di tingkat SMA/ sederajat paling tinggi di Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan lulusan SMP tidak melanjutkan. Faktor-faktor tersebut antara lain berasal dari dalam diri anak (motivasi internal) maupun dari luar diri anak (aksesibilitas wilayah, kondisi sosial ekonomi orang tua dan motivasi eksternal). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak lulusan SMP yang tidak melanjutkan sekolah tahun 2015. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling berjumlah 27 sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif persentase. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kondisi sosial yaitu mayoritas tingkat pendidikan ayah yaitu sebesar 92% dan dan ibu sebesar 78% hanya sampai tingkat sekolah dasar tidak menjadi faktor untuk tidak melanjutkan sekolah. Rata-rata pendapatan bersih orang tua adalah Rp.646.000/Bulan. Tidak ada alasan putus sekolah disebabkan masalah biaya, bagi orang tua yang memiliki pendapatan bersih rendah, biaya pendidikan anak selalu diusahakan oleh orang tua. (2) aksesbilitas tidak menjadi faktor penyebab anak tidak melanjutkan sekolah, mayoritas responden sebesar 85% dapat menggunakan minibus, secara keseluruhan fasilitas jalan beraspal dan jarak tempuh dari rumah ke sekolah <7km hal ini menunjukkan bahwa jarak dari tempat tinggal ke sekolah tinggi aksesnya, karena terdapat alat transportasi yang menghubungkannya. (3) motivasi internal dan eksternal anak sebagai faktor penyebab anak tidak melanjutkan sekolah sekolah, sebesar 67% memiliki motivasi internal yang termasuk dalam kriteria rendah, sebesar 78% memiliki motivasi eksternal yang termasuk dalam kriteria sedang. Saran, Orang tua hendaknya selalu memberi motivasi dan bimbingan kepada anak untuk bersekolah. Anak hendaknya dapat memilah-milah teman yang baik, mana yang kurang baik supaya anak tidak terjebak ke dalam hal-hal yang berdampak negatif untuk kehidupan dan masa depannnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sosial ekonomi, aksesibilitas, motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Dropout Factor
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 17:01
Last Modified: 05 Mar 2018 17:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30137

Actions (login required)

View Item View Item