Komparasi Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Metode Konvensional pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA N 8 Semarang”.


Aulia Sari , 3301405514 (2009) Komparasi Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Metode Konvensional pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA N 8 Semarang”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Komparasi Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Metode Konvensional pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA N 8 Semarang]
Preview
PDF (“Komparasi Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Metode Konvensional pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IS SMA N 8 Semarang) - Published Version
Download (625kB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar, khususnya hasil belajar akuntansi. Permasalahan yang yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi dibandingkan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas XI IS SMA N 8 Semarang? Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA N 8 Semarang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IS semester I SMA N 8 Semarang tahun 2009/2010, yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 3 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan metode dokumentasi, tes, observasi. Teknik analisis data menggunakan uji t. Analisis tahap awal menghasilkan kesimpulan bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil analisis tahap akhir yaitu uji beda ratarata, diperoleh t hitung (4,686) > t tabel (1,993), sehingga Ha diterima yaitu ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Dari uji ketuntasan belajar kelas eksperimen diperoleh t hitung (9,135) > t tabel (2,026). Berarti kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Simpulan yang diperoleh adalah Penggunaan pembelajaran kooperatif pendekatan struktural tipe NHT lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMA N 8 Semarang. Saran yang diberikan adalah Guru harus lebih teliti dalam mengatur waktu pembelajaran supaya alokasi waktu pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan dalam RPP. Guru harus dapat mengendalikan kelas dengan baik. Terutama pada pertemuan I, dimana siswa masih belum terbiasa dengan model pembelajaran yang baru. Guru sebaiknya dapat membagi waktu dalam membimbing kesulitan masing-masing kelompok. Supaya semua kelompok mendapat kesempatan yang sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Metode Konvensional, Hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 25 Jul 2011 03:46
Last Modified: 25 Apr 2015 05:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3013

Actions (login required)

View Item View Item