PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DENGANMEDIA KARTU TEMA PADA SISWA KELAS X BB SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA


Linda Kusuma Wardani , 2101412166 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PIDATO MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DENGANMEDIA KARTU TEMA PADA SISWA KELAS X BB SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412166.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (401kB) | Preview

Abstract

Keterampilan siswa dalam menulis teks pidato pada kelas X BB Muhammadiyah Boja masih rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas X BB SMK Muhammadiyah 2 Boja. menemukan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis teks pidato, khususnya siswa kelas X BB SMK Muhammadiyah 2 Boja. Upaya meningkatkan keterampilan siswa menulis teks pidato, mereka perlu dilatih sebaik-baiknya melalui peningkatan peran guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan metode dan media yang inovatif dan kreatif agar siswa termotivasi dalam pembelajaran menulis teks pidato. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah an ini, yaitu (1) bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks pidato pada siswa kelas X BB SMK Muhammadiyah 2 Boja setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode peta pikiran dengan media kartu tema (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks pidato pada siswa kelas X BB SMK Muhammadiyah 2 Boja setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode peta pikiran dengan media kartu tema (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas X BB SMK Muhammadiyah 2 Boja setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode peta pikiran dengan media kartu tema. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode peta pikiran dan media kartu tema sebagai upaya meningkatan keterampilan menulis teks pidato pada siswa kelas X BB SMK Muhammadiyah 2 Boja. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanankan dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel an ini, yaitu variabel keterampilan menulis teks pidato dan penggunaan metode peta pikiran dengan media kartu tema. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan menulis teks pidato sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran pada prasiklus, siklus I dan siklus II. Keterampilan siswa dalam menulis teks pidato meningkat dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata nilai pada prasiklus sebesar 62,84 kemudian meningkat menjadi 64,97 pada siklus I. Sedangkan peningkatan pada siklus II dari siklus I 64,97 menjadi 75,03. Ketuntasan yang dicapai dari prasiklus yaitu 3,13% menjadi 15,63% pada siklus I. iii Kemudian dari siklus I dengan ketuntasan sebesar 15,63% menjadi 78,13% pada siklus II. Selain itu, sikap peserta didik mengalami perubahan ke arah yang lebih positif, yaitu peserta didik memiliki peningkatan nilai rata-rata sikap sosial pada siklus I sebesar 70,50 menjadi 86,00 pada siklus II. Penerapan metode peta pikiran dan media kartu tema dapat digunakan sebagai masukan lain dalam melakukan penelitian yang serupa. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan pembelajaran atau Penelitian lain, sehingga dapat diketahui hasil yang efektif dalam penggunaan metode dan media dalam pembelajaran menulis teks pidato

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis teks pidato, metode peta pikiran, media kartu tema, sikap siswa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General) > Learning Model
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Mar 2018 17:21
Last Modified: 05 Mar 2018 17:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30126

Actions (login required)

View Item View Item