PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DENGAN MEDIA VIDEO PERJALANAN “WEEKEND LIST” PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 MUNGKID


Ari Priyantoko , 2101412157 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS LAPORAN PERJALANAN MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DENGAN MEDIA VIDEO PERJALANAN “WEEKEND LIST” PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 MUNGKID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412157.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (847kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mungkid masih belum optimal. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa dan sastra Indonesia kelas VIII SMP Negeri 1 Mungkid masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis laporan perjalanan, khususnya siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Mungkid. Hal tersebut disebabkan siswa kurang berminat dalam keterampilan menulis laporan perjalanan. Selain itu, penggunaan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang tidak tepat dan kurang menarik semakin mengurangi minat siswa dalam menulis laporan perjalanan. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan dan minat siswa dalam menulis laporan perjalanan, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan metode pembelajaran peta pikiran dan media video perjalanan “Weekend List”. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah proses pembelajaran keterampilan menulis laporan perjalanan menggunakan metode pembelajaran peta pikiran dengan media video perjalanan “Weekend List” pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mungkid? (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis laporan perjalanan menggunakan metode peta pikiran dengan media video perjalanan “Weekend List” pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mungkid? (3) bagaimanakah perubahan tingkah laku siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mungkid setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis laporan perjalanan menggunakan metode peta pikiran dengan media video perjalanan “Weekend List”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis laporan perjalanan menggunakan metode peta pikiran dengan media video perjalanan “Weekend List” pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Mungkid. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes keterampilan menulis laporan perjalanan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran menulis teks laporan perjalanan berlangsung dengan baik, kondusif, dan menyenangkan. Siswa lebih tertarik dan kreatif dalam pembelajaran menulis laporan perjalanan. Hal tersebut terbukti dengan hasil keterampilan menulis laporan perjalanan siswa yang meningkat. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan persentase ketuntasan keterampilan menulis laporan perjalanan semua aspek dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 66,65 dan masuk dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai ketuntasan yang ditentukan yaitu 78 sehingga perlu dilakukan tindakan siklus II. Setelah dilakukan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 79,73 dan masuk dalam kategori baik dengan persentase ketuntasan 100%. Selain itu, perilaku siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik dan positif setelah dilakukan tindakan siklus I dan siklus II. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan rata-rata sikap religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, dan pro-aktif dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menerapkan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat sehingga siswa tertarik dan termotivasi mengikuti pembelajaran. Penerapan tersebut sebaiknya disesuaikan dengan dengan kondisi siswa dan kondisi lingkungan sekolah. Para peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis laporan perjalanan. Penelitian bisa dilakukan dengan menggunakan metode atau media pembelajaran yang lain sehingga dapat menjadi pilihan alternatif lain dalam pembelajaran menulis laporan perjalanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis laporan perjalanan, metode peta pikiran, media video “weekend list, perilaku siswa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Mar 2018 14:42
Last Modified: 05 Mar 2018 14:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30122

Actions (login required)

View Item View Item