PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), RETURN ON ASSETS (ROA), NON PERFORMING LOAN (NPL), INFLASI, DAN BI RATE TERHADAP PENYALURAN KREDIT (Studi pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 – 2015)


Irma Akroman , 7311413012 (2017) PENGARUH LOAN TO DEPOSIT RATIO (LDR), CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), RETURN ON ASSETS (ROA), NON PERFORMING LOAN (NPL), INFLASI, DAN BI RATE TERHADAP PENYALURAN KREDIT (Studi pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013 – 2015). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7311413012.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (973kB) | Preview

Abstract

Salah satu fungsi penting dalam perusahaan perbankan yaitu sebagai lembaga Intermediary Finance (perantara keuangan). Dalam fungsi tersebut perbankan memiliki tanggung jawab dan kewajiban dalam menghimpun dana dari surplus unit (pihak nasabah) dan menyalurkan ke defecit unit (pihak debitur), sehingga dalam proses itulah tabungan akan segera dikonversikan oleh pihak perbankan menjadi kredit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Loan to Deposit Ratio, Capital Adequacy Ratio, Return on Assets, Non Performing Loan, Inflasi, dan BI Rate terhadap penyaluran kredit pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia . Populasi penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 sampai dengan 2015. Metode penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling, dengan kriteria yang telah ditentukan maka jumlah sampel adalah 20 perusahaan perbankan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Annual Report tahun 2013 sampai dengan 2015. Analisis data menggunakan analisis regresi dengan menggunakan eviews 8. Berdasarkan hasil penelitian Loan to Deposit Ratio berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit karena taraf signifikansi sebesar 0,0000 > 0,05, Capital Adequacy Ratio tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit karena taraf signifikansi sebesar 055 > 0,05, Return on Assets berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit karena taraf signifikansi sebesar 0,0009 < 0,05. Non Performing Loan berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit karena taraf signifikansi sebesar 0,0025 < 0,05. Sedangkan untuk Inflasi dan BI Rate tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit karena masing masing taraf signifikansinya sebesar 0,96 dan 0,45 > 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Capital adequacy ratio, inflasi, dan BI Rate tidak berpengaruh terhadap penyaluran kredit. Variabel Loan to deposit Ratio, Return on Assets, dan Non Performing Loan berpengaruh signifikan terhadap penyaluran kredit. Saran dalam penelitian ini adalah bagi perusahaan perbankan yaitu untuk mengevaluasi kinerja bank lebih baik lagi terutama dalam menghimpun dan menyalurkan dana kembali pada masyarakat harus disesuaikan dengan asas perkreditan untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LDR, CAR, ROA, NPL, Inflasi, BI Rate, dan Kredit
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 16 May 2019 19:53
Last Modified: 16 May 2019 19:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30117

Actions (login required)

View Item View Item