PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KETERAMPILAN MENGONVERSI TEKS CERITA PENDEK MENJADI TEKS DRAMA BEMUATAN NILAI –NILAI KEMANUSIAAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA


Nur Rahma Nisrina Haq , 2101412124 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN KETERAMPILAN MENGONVERSI TEKS CERITA PENDEK MENJADI TEKS DRAMA BEMUATAN NILAI –NILAI KEMANUSIAAN UNTUK SISWA KELAS XI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412124.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (804kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mengonversi cerita pendek adalah salah satu kompetensi dasar yang baru dipelajari dalam kurikulum 2013. Oleh karena itu, siswa SMA/MA kelas XI perlu berlatih lebih banyak untuk memperdalam pengetahuan dan membutuhkan buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek yang dapat memotivasi siswa serta memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia. Namun, buku yang tersedia saat ini belum dapat dikatakan banyak dalam kuantitas dan belum sesuai bila digunakan oleh siswa SMA/MA kelas XI, sehingga diperlukan pengembangan buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek bermuatan nilai-nilai kemanusiaan untuk siswa SMA/MA kelas XI. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek untuk siswa SMA/MA kelas XI, (2) bagaimanakah prinsip buku pengayaan mengonversi sebuah teks cerita pendek, (3) bagaimanakah prototipe buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek, (4) bagaimanakah penilaian guru mata pelajaran dan ahli terhadap prototipe buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek, dan (5) bagaimanakah perbaikan prototipe buku pengembangan mengonversi teks cerita pendek berdasarkan penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian bertujuan mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek, mengetahui prinsip buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek, mengetahui prototipe buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek, mengetahui penilaian guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan ahli terhadap prototipe buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek, dan mengetahui perbaikan prototipe buku pengembangan mengonversi teks cerita pendek berdasarkan penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dalam enam tahap, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, revisi atau perbaikan produk, dan uji coba terbatas. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk memperoleh data kebutuhan buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek dan data hasil validasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskripsi kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Penelitian memperoleh hasil (1) berdasarkan analisis kebutuhan, siswa dan guru membutuhkan buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek menjadi teks drama, (2) kebutuhan materi mencakup teori dan contoh, (3) kebutuhan sturktur penyajian mencakup petunjuk penggunaan buku, gambar pendukung, rangkuman (4) kebutuhan bahasa dan keterbacaan mencakup ragam bahasa yang mudah dipahami, (5) kebutuhan aspek grafuka mencakup ukuran buku sebesar kertas A4, tebal minimal 50 halaman, menggunakan huruf Times New Roman 12 pt, dan (6) kebutuhan muatan nilai-nilai kemanusiaan disisipkan melalui pemilihan cerita dan kolom khusus pesan moral dari cerita. Prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek meliputi prinsip relevansi, prinsip konsistensi, dan prinsip kecukupan. Penilaian yang diperoleh dari guru dan ahli, yaitu (1) aspek materi memperoleh rata-rata 83 dengan kategori sangat baik, (2) aspek penyajian materi memperoleh rata-rata 77 dengan kategori sangat baik, (3) aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh rata-rata 78,6 dengan kategori sangat baik, (4) aspek grafika memperoleh rata-rata 81,9 dengan kategori sangat baik, dan (5) aspek nilai-nilai kemanusiaan memperoleh rata-rata 68,75 dengan kategori baik.Perbaikan yang dilakukan terhadap buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek menjadi teks drama yaitu (1) perbaikan warna sampul buku, (2) penambahan materi, (3) konsistensi penggunaan warna, dan (4) penyederhanaan materi dalam muatan nilai-nilai kemanusiaan. Saran yang direkomendasikan oleh peneliti yaitu (1) bagi siswa, hendaknya menggunakan buku pengayaan sebagai buku penunjang dalam proses belajar, (2) bagi guru, hendaknya menggunakan buku pengayaan sebagai bahan materi untuk kegiatan pengayaan, (3) bagi para pemerhati pendidikan, hendaknya memberi perhatian yang lebih besar pada keberadaan buku-buku pengayaan keterampilan menulis yang dapat memberi keterampilan praktis bagi siswa, dan (4) bagi peneliti lain, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku pengayaan mengonversi teks cerita pendek menjadi teks drama bagi siswa SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: buku pengayan, teks cerita pendek, teks drama, nilai kemanusiaan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Mar 2018 12:25
Last Modified: 05 Mar 2018 12:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30110

Actions (login required)

View Item View Item