KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EXAMPLE NONEXAMPLE DAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP


Afif Fittra Andrumeda Yoga Rubadi , 2101412099 (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EXAMPLE NONEXAMPLE DAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412099.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis teks berita secara singkat, padat, dan jelas merupakan salah satu keterampilan menulis yang harus dikuasai siswa. Namun, dalam pembelajarannya tidak jarang siswa mengalami kesulitan dalam mencapai tujuan tersebut. Hal ini sebab siswa merasa pembelajaran menulis teks berita merupakan materi yang berat dan menjenuhkan. Faktor lain yang menghambat dalam pencapaian keefektifan pembelajaran menulis teks berita adalah pemakaian metode pembelajaran yang kurang variatif. Padahal, penggunaan metode pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi keefektifan pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan keefektifan metode example nonexample dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa SMP kelas VIII; (2) Mendeskripsikan keefektifan metode picture and picture dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa SMP kelas VIII; (3) Mendeskripsikan metode pembelajaran yang lebih efektif untuk pembelajaran menulis teks berita pada siswa SMP kelas VIII. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi berupa nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kemampuan menulis teks berita dengan metode example nonexample dan picture and picture pada siswa kelas VIII SMP di Kota Semarang, sedangkan sampelnya adalah kemampuan menulis teks berita dengan metode example nonexample dan picture and picture pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 10 Semarang dan siswa kelas VIII G SMP Negeri 40 Semarang. Instrumen penelitiannya adalah tes (lembar kerja) dan nontes (lembar observasi, panduan wawancara, dan pedoman dokumentasi). Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, dapat diketahui bahwa metode example nonexample telah memenuhi kriteria keefektifan dalam pembelajaran menulis teks berita dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. Berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh, dapat dideskripsikan bahwa output tersebut menyatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, metode example nonexample efektif dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP. Di sisi lain, metode picture and picture juga telah memenuhi kriteria keefektifan dalam pembelajaran menulis teks berita dengan nilai signifikansi 0,00<0,05. Berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh, dapat dideskripsikan bahwa output tersebut menyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, metode picture and picture efektif dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP. Namun, berdasarkan data postes, hasil observasi, dan wawancara menunjukkan metode picture and picture lebih efektif daripada metode example nonexample dalam pembelajaran menulis teks berita. Berdasarkan simpulan tersebut, disarankan agar siswa hendaknya berlatih secara terus-menerus agar keterampilan menulisnya semakin baik. Selain itu, guru hendaknya memiliki wawasan yang luas dan keterampilan untuk membuat inovasi dalam pembelajaran, seperti pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode picture and picture agar siswa termotivasi dan lebih aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: teks berita, metode example nonexample, metode picture and picture
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Mar 2018 12:12
Last Modified: 05 Mar 2018 12:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30103

Actions (login required)

View Item View Item