PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP KETERAMPILAN MENCERITAKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 REMBANG


Diah Ayu Febrianti , 2101412084 (2017) PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP KETERAMPILAN MENCERITAKAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (948kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, salah satu kompetensi yang harus dicapai adalah keterampilan berbicara, di antaranya yaitu menceritakan pengalaman pribadi. Hal yang paling utama dalam menguasai keterampilan berbicara adalah siswa harus tepat dalam menggunakan bahasa serta pemilihan kata yang disebut dengan kemampuan verbal. Setelah mengamati beberapa fenomena mengenai kecerdasan yang ada di sekitar, masih ada beberapa siswa yang memiliki kecerdasan tinggi tetapi tidak memiliki keberanian untuk berbicara. Siswa dapat dikatakan memiliki kecerdasan intrapersonal, yang cenderung untuk berdiam diri dan tertutup (introvert). Penelitian ini dilakukan karena kemampuan verbal siswa yang masih rendah, kecerdasan intrapersonal yang dimiliki siswa menjadi penghambat dalam berbicara menceritakan pengalaman pribadi, dan teori tidak sesuai dengan yang ada di lapangan. Dengan kemampuan verbal yang memadai dan kecerdasan intrapersonal yang tinggi diharapkan dapat membantu siswa memiliki keterampilan menceritakan pengalaman pribadi dengan benar dan lancar. Tujuan penelitian ini yaitu, (1) Mengetahui pengaruh kemampuan verbal terhadap keterampilan menceritakan pengalaman pribadi siswa kelas X, (2) Mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap keterampilan menceritakan pengalaman pribadi siswa kelas X, dan (3) Mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan kecerdasan intrapersonal terhadap keterampilan menceritakan pengalaman pribadi siswa kelas X. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional, yang meneliti dua variabel, yaitu kemampuan verbal dan kecerdasan intrapersonal. Populasi penelitian ini adalah keterampilan menceritakan pengalaman pribadi siswa kelas X SMA N 3 Rembang, sedangkan sampelnya adalah keterampilan menceritakan pengalaman pribadi siswa kelas X 2 dan X 3 SMA N 3 Rembang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemamapuan verbal dan kuesioner kecerdasan intrapersonal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, analisis regeresi ganda, dan ujii hipotesis. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan adalah kemampuan verbal berpengaruh positif terhadap keterampilan menceritakan pengalaman pribadi dapat dibuktikan dengan uji hipotesis bahwa r hitung 0,54 > r tabel 0,30 maka Ha diterima, kecerdasan intrapersonal juga berpengaruh positif terhadap keterampilan menceritakan pengalaman pribadi dapat dibuktikan dengan uji hipotesis bahwa r hitung 0,63 > r tabel 0,30 maka Ha diterima, dan kemampuan verbal dan kecerdasan intrapersonal berpengaruh positif terhadap keterampilan menceritakan vii pengalaman pribadi dapat dibuktikan uji hipotesis bahwa r hitung 0,45 > r tabel 0,19 maka Ha diterima . Saran yang diberikan sebagai berikut (1) Peneliti atau guru bahasa Indonesia bisa mengembangkan penelitian ini dengan variabel yang berbeda, misalnya pola asuh orang tua, motivasi, dan aspek lingkungan; (2) Siswa memerlukan banyak latihan agar mengasah keterampilan berbicaranya, terutama untuk siswa introvert harus belajar untuk membuka diri, guru juga harus ikut berperan. Hal ini tentunya diimbangi dengan penguasaan kosa kata yang benar, agar pembicaraan dapat dimengerti oleh pendengar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, kemampuan verbal, kecerdasan intrapersonal, keterampilan menceritakan pengalaman pribadi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 05 Mar 2018 12:07
Last Modified: 05 Mar 2018 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30102

Actions (login required)

View Item View Item