MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I DORO KABUPATEN PEKALONGAN TP. 2004/2005

KURNIASTUTI, 4414980668 (2006) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I DORO KABUPATEN PEKALONGAN TP. 2004/2005. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI POKOK BAHASAN EKOSISTEM MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI I DORO KABUPATEN PEKALONGAN TP. 2004/2005) - Published Version
Download (1122Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi awal pembelajaran biologi di SMP Negeri I Doro Kabupaten Pekalongan memperlihatkan adanya beberapa kendala dalam pelaksanaan KBM, yaitu : jumlah peralatan laboratorium yang kurang memadai, metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh dan bosan untuk belajar khususnya mata pelajaran biologi dan hasil belajar yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi agar menjadi lebih baik (maksimal) baik secara individu maupun klasikal. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian pembelajaran biologi dengan menggunakan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) yang menekankan aspek-aspek REACT meliputi aspek mengaitkan (Relating), aspek mengalami (Experiencing), aspek menerapkan teori pada situasi tertentu (Applying), aspek kerjasama (Cooperating) dan perolehan pengetahuan baru (Transfering) sebagai aspek-aspek pokok pada pembelajaran IPA sebagai proses. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 4 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu (1) perencanaan (plannimg), dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran seperti mempersiapkan perangkat pembelajaran, membuat alat evaluasi dan instrumen penelitian. (2) Pelaksanaan (acting) yaitu melaksanakan kegiatan KBM dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Observasi (observing), yaitu pengambilan data tentang proses hasil belajar siswa. (4) Refleksi (reflecting) adalah kegiatan untuk menganalisa data hasil pengamatan. Yang menjadi subyek penelitian adalah siswa di salah satu kelas (kelas VII D) SMP Negeri I Doro Kabupaten Pekalongan Tahun pelajaran 2004/2005, yang berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai, baik nilai praktikum maupun nilai evaluasi setiap akhir siklusnya. Pada siklus I nilai ratarata yang diperoleh siswa yaitu 69,12 dengan ketuntasan belajar 62,50 %. Siklus ke II nilai rata-rata meningkat menjadi 75,53 dengan ketuntasan belajar 70 %. Siklus III nilai rata-rata yang dicapai siswa lebih meningkat yaitu 78,33 dengan ketuntasan belajar 90 %. Siklus ke IV nilai rata-rata meningkat menjadi lebih baik yaitu 85,91 dengan ketuntasan belajar 92,50 %. Keaktifan siswa pada saat melakukan kegiatan praktikum juga meningkat selama KBM dari tiap siklusnya, ini ditunjukkan dengan semakin bertambahnya siswa yang memperoleh nilai yang lebih baik dari praktikum sebelumnya. Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar siswa baik secara individu maupun klasikal dapat ditingkatkan dengan pendekatan pembelajaran CTL, disarankan agar pembelajaran biologi dengan pendekatan ini dapat dipergunakan sebagai metode alternatif guru dalam meyampaikan materi pelajaran khususnya biologi.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: EKOSISTEM, PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 24 Jul 2011 23:03
    Last Modified: 25 Apr 2015 01:01

    Actions (login required)

    View Item