IMPLEMENTASI METODE INSERSI PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM PENANAMAN NILAINILAI ISLAM DI MA MANZILUL ULUM KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Andika Fitriyanto , 3201410029 (2017) IMPLEMENTASI METODE INSERSI PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM PENANAMAN NILAINILAI ISLAM DI MA MANZILUL ULUM KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (510kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keinginan masyarakat terhadap peserta didik yang belajar di MA Manzilul Ulum Kudus yaitu memahami, dan mengamalkan ajaran Islam sehingga menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Selain itu untuk lebih mengetahui dan memahami agama sehingga mereka bisa membudayakan diri dengan nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sejauhmana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode insersi pada mata pelajaran geografi (2) Mengetahui penanaman nilai-nilai Islam pada materi kerusakan flora dan fauna (3) Mengetahui implementasi metode insersi pada mata pelajaran geografi dalam penanaman nilai-nilai Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini adalah (1) perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode insersi (2) Penanaman nilai-nilai Islam (3) Implementasi metode insersi pada mata pelajaran geografi. Sumber data adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verification. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa Implementasi metode insersi pada mata pelajaran geografi di MA Manzilul Ulum Kudus dilakukan sesuai langkah-langkah yang ada dalam metode insersi sehingga dengan adanya metode insersi ini akan membuat siswa dapat menanamkan nilai-nilai akhlaq Islami dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga penerapan metode insersi yang dilakukan oleh guru Geografi dalam pembelajaran di MA Manzilul Ulum Kudus adalah menyisipkan nilai-nilai Islami yang berkaitan dengan standar kompetensi atau kompetensi dasar serta memberikan pendidikan agama kepada siswa melalui contoh-contoh yang berhubungan dengan materi pelajaran Saran dari penelitian ini adalah pembelajaran geografi yang membahas materi kerusakan flora dan fauna hendaknya menggunakan media pembelajaran seperti green house agar meningakatkan minat peserta didik sekaligus meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Insersi, Penanaman Nilai-Nilai Islam,MA
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2018 11:52
Last Modified: 05 Mar 2018 11:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30097

Actions (login required)

View Item View Item