ANALISIS SEKOLAH YANG TERDAMPAK BANJIR MENGGUNAKAN PENDEKATAN PARTISIPASI WARGA SEKOLAH DALAM PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA


Ginanjar Tejanugraha , 3201410014 (2017) ANALISIS SEKOLAH YANG TERDAMPAK BANJIR MENGGUNAKAN PENDEKATAN PARTISIPASI WARGA SEKOLAH DALAM PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3201410014.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (709kB) | Preview

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan berada pada posisi geografis, geologis, hidrologis, dan demografis yang rawan bencana. Posisi geografis Indonesia masuk dalam pertemuan tiga lempengan bumi, yaitu Eurasia, Pasifik, dan Indo- Australia. Posisi pertemuan itu membuat wilayah Indonesia diberkahi dengan kesuburan dan kekayaan mineral di perut bumi, tetapi pada sisi lain posisi negara kita labil, mudah bergeser, dan tentu saja rawan bencana. Tujuan penelitian ini mengetahui analisis sekolah yang terdampak banjir menggunakan pendekatan partisipasi warga sekolah dalam program sekolah siaga bencana. Objek penelitian meliputi SMP dan MTs yang terdampak banjir pada Bulan Januari tahun 2014 di Kecamatan Kalinyamatan dan Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara, terpilih 3 sekolah. Penentuan sampel menggunakan cara teknik kuota sampling. Variabel penelitian ini adalah partisipasi warga sekolah dalam program sekolah siaga bencana. Metode pengumpulan data berupa: metode wawancara, metode angket, metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif serta statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman penanganan bencana pada ketiga sekolah masih sedikit. Dari ketiga sekolah tidak ditemukan dokumen mengenai sekolah siaga bencana. Partisipasi warga sekolah dalam program sekolah siaga bencana masih rendah. Kesiapsiagaan terhadap banjir memerlukan kerjasama antar pihak yang berkepentingan agar dapat mengurangi risiko banjir dengan efektif. Koordinasi dan sistem kerja yang baik merupakan beberapa bagian yang dapat dilkukan untuk mewujudkannya. Program sekolah siaga bencana perlu dilakukan di sekolah yang terdampak bencana, dikhususkan dalam penelitian ini adalah bencana banjir. Hal itu dilakukan untuk mendukung komitmen pemerintah dalam hal pengurangan risiko bencana di sekolah dan kelangsungan kegiatan belajar di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa perlu peningkatan terhadap partisipasi warga sekolah dalam program sekolah siaga bencana. Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian adalah perlu adanya peningkatan partisipasi warga sekolah dalam program sekolah siaga bencana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Perilaku, Sekolah Siaga Bencana.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > Disasters
L Education > Special Education > Geography Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2018 17:31
Last Modified: 02 Mar 2018 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30095

Actions (login required)

View Item View Item