PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU MATERI GERAK BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 1 KEMLOKO GROBOGAN


Dwi Murdianti , 1401413001 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU MATERI GERAK BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SDN 1 KEMLOKO GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (996kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini tentang permasalahan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA dengan ketuntasan klasikal kurang dari 75%, diperoleh dari data dokumen dan wawancara disebabkan karena media pembelajaran kurang menarik berupa buku teks pelajaran tulisan panjang gambar satu warna bahkan hitam putih. Adapun rumusan masalah yang diambil adalah (1) Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran buku saku IPA materi gerak benda?; (2) Seberapa validkah buku saku IPA materi gerak benda?; dan (3) Bagaimanakah keefektifan media pembelajaran buku saku IPA materi gerak benda?. Sesuai permasalahan, tujuan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran, mengkaji tingkat kevalidan, dan menguji keefektifan media pembelajaran buku saku IPA materi gerak benda kelas III SDN 1 Kemloko Grobogan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development, dengan subjek peserta didik kelas III SDN Anggaswangi untuk uji coba soal dan uji coba produk skala kecil dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling serta SDN 1 Kemloko untuk uji coba pemakaian skala besar menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dokumen, observasi, dan tes pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan (related sample t-test) untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar, dan N-gain untuk mengetahui peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang dikembangkan berupa buku saku IPA materi gerak benda memiliki kriteria layak berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 80%, media sebesar 79%, dan praktisi sebesar 80%. Media pembelajaran yang dikembangkan juga memiliki kriteria baik ditinjau dari perbedaan rata-rata serta peningkatan hasil belajar peserta didik. Ini terbukti dari hasil analisis menggunakan uji-t berpasangan (related sample t-test) diperoleh thitung =12,5 > t-tabel = 2,05 dikategorikan pencapaian signifikan, didukung dengan hasil analisis N-gain sebesar 0,5 dengan tingkat pencapaian sedang. Berdasarkan hasil perhitungan disimpulkan buku saku IPA materi gerak benda kelas III SD layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Simpulan penelitian adalah buku saku IPA materi gerak benda efektif digunakan dalam pembelajaran dan dapat dikombinasikan dengan model pembelajaran yang efisien serta berpusat pada peserta didik sehingga kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna, bervariasi, dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, buku saku, hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 12:47
Last Modified: 21 May 2018 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30089

Actions (login required)

View Item View Item