KEEFEKTIFAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI ARTIKEL


Kustiyanti Dewi , 1401412614 (2017) KEEFEKTIFAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI ARTIKEL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412614.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis narasi pada umumnya masih menggunakan pembelajaran konvensional, yang membuat pembelajaran terlihat monoton. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan metode pembelajaran untuk mengaktifkan siswa serta membuat proses pembelajaran lebih bervariatif dan inovatif. Salah satu metode yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar adalah penggunaan metode GQGA. Tujuan pelaksanaan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan metode GQGA pada materi menulis narasi siswa kelas IV di SDN Randugunting 2 Kota Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Randugunting 2 dan 7 Kota Tegal. Sampel penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh). Anggotanya berjumlah 59 siswa yang terdiri dari 29 siswa dari kelas IV SDN Randugunting 2 dan 30 siswa dari kelas IV SDN Randugunting 7. Variabel bebas penelitian ini yaitu metode GQGA sedangkan variabel terikatnya yaitu minat dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara, observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu dokumentasi, pedoman wawancara, soal tes, dan angket. Analisis data pada penelitian ini meliputi deskripsi data, uji prasyarat analisis, dan analisis akhir (pengujian hipotesis). Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t test, data minat belajar siswa menunjukkan bahwa thitung>ttabel (2,570>2,002) dan signifikansinya 0,013<0,05. Sementara itu, data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung>ttabel (3,960>2,002) dan signifikansi 0,000<0,05, disimpulkan terdapat perbedaan minat dan hasil belajar bahasa Indonesia antara siswa kelas IV yang menggunakan metode giving question and getiing answer dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji one sampel t test, data minat belajar siswa menunjukkan bahwa thitung>ttabel (8,873>1,701). Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,252>1,701). Berdasarkan data tersebut disimpulkan penggunaan metode GQGA efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis narasi. Saran bagi guru, diharapkan mulai menggunakan metode GQGA dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Narasi; sekolah hendaknya mendukung para guru untuk mengikuti seminar pendidikan atau diklat terkait pentingnya inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar; hasil belajar; metode giving question and getting answer (GQGA)
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General) > Motivating Learners
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 12:47
Last Modified: 21 May 2018 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30088

Actions (login required)

View Item View Item