KEEFEKTIFAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENYIMAK CERITA KELAS V SD NEGERI MAYONGLOR 01 KABUPATEN JEPARA


Irwan Gigih Juniarto , 1401412511 (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA WAYANG KERTAS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENYIMAK CERITA KELAS V SD NEGERI MAYONGLOR 01 KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401412511.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran teacher centeredmenyebabkan siswa hanya sesekali mengkonstruksikan pengetahuannya. Hal ini menjadikan kualitas pembelajaran menjadi kurang maksimal. Contoh media pembelajaran yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah mediainovativ sepertiwayang kertas dan gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan media pembelajaran yang paling efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar materi menyimak cerita kelas V SDN Mayonglor 1 KabupatenJepara. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas VA dan VB SDN Mayonglor 1 sebagai kelas eksperimen dan kelasV SDN Mayonglor 2 sebagai kelas kontrol tahun ajaran 2015/2016. Jumlah populasi sebanyak 95 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas VA dan 32 siswa kelas VB SDN Mayonglor 1 serta 30 siswa kelas V SDN Mayonglor2.Pengambilan sampeldilakukan dengan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi terlibatdalam penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, observasi, dan tes hasil belajar. Analisisdata penelitian menggunakan uji ANOVA dan uji t. Uji t berfungsi untukmenganalisis perbedaan antar kelas dan menguji keefektifan antara mediawayang kertas dan gambar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata yang, dilakukan sebagai uji prasyarat.Berdasarkan hasil analisis hasil belajar diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 78,67, dan kelas kontrol sebesar 73,79. Perhitungan rata-rata menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol,. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan mediainovativefektif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V pada materi wayang kertas. Akan tetapi, jika dibandingkan antara mediawayang kertas dan gambarmelalui uji One Sample t test dapat diketahui bahwa nilai signifikansi pada penghitungan ini sebesar 0,411 (0,411>0,05) dan t hitung sebesar 0,834 (0,834 < 2,040) sehingga Ho diterima dan Ha ditolakatau dapat diartikan bahwa penerapan media pembelajaran wayang kertas lebih efektif dari gambar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada materi menyimak cerita. Berdasarkan hasil penelitian, guru disarankan untuk memperhatikan pemilihan media pembelajaran, karena hal ini akan mempengaruhi hasil belajar siswa, khususnya kelas rendah yang masih dalam tahap berpikir konkret.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Wayang Kertas, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Assessment of Learning
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 13:01
Last Modified: 21 May 2018 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30086

Actions (login required)

View Item View Item