KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO MY TRIP MY ADVENTURE DAN VIDEO BERITA DALAM KETERAMPILAM MENYUSUN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 SRAGEN


Dian Febriana P. , 2101412043 (2017) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO MY TRIP MY ADVENTURE DAN VIDEO BERITA DALAM KETERAMPILAM MENYUSUN TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 SRAGEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media my trip my adventure dan berita merupakan jenis media audiovisual yang membuat siswa tertarik karena video yang disajikan berisi keindahan alam Indonesia. Media tersebut diharapkan dapat membuat siswa tertarik mengikuti pembelajaran keterampilan menyusun teks eksposisi. Untuk mengetahui keefektifan media tersebut, diadakan penelitian dengan menetapkan kedua media yaitu my trip my adventure dan berita pada keterampilan menyusun teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP N 5 Sragen. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) apakah media my trip my adventure efektif digunakan untuk menyusun teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP N 5/ Sragen, (2) apakah media berita efektif digunakan untuk menyusun teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP N 5 Sragen, (3) apakah terdapat perbedaan penggunaan media my trip my adventure dan berita untuk menyusun teks eksposisi pada siswa kelas VII SMP N 5 Sragen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan design true experimental design penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP N 5 Sragen dengan sampel siswa kelas VII F sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan media my trip my adventure dan VII E sebagai kelas kontrol mendapat perlakuan menggunakan media berita. Pada prinsipnya terdapat tiga kegiatan dalam penelitian ini, yaitu pretes, perlakuan, dan postes. Hasil uji t dapat diketahui nilai pretest pembelajaran menyusun teks eksposisi pada kelompok eksperimen sebesar 67,66. Nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 83,12. Diketahui bahwa nilai t adalah -8.589 dengan nilai probabilitas atau Sig = 0,000. Oleh karena nilai signifikansi atau Sig.(2-tailed) < 0,05, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest pada kelompok eksperimen. Adapun nilai pretest pada kelompok kontrol sebesar 74,59. Sedangkan nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 79,38. Diketahui bahwa nilai t adalah -3.268 dengan nilai probabilitas atau Sig = 0,000. Oleh karena nilai signifikansi atau Sig.(2-tailed) < 0,05, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pretest dan nilai rata-rata posttest pada kelompok kontrol. Dari kedua hasil tersebut dapat disimpulkan media my trip my adventure lebih efektif daripada media berita. Guru sebaiknya melakukan persiapan dan perencanaan yang matang sebelum melaksanakan pembelajaran, terutama dengan media my trip my adventure dalam proses pembelajaran keterampilan menyusun teks eksposisi. Guru juga diharapkan berperan aktif untuk membimbing siswa dalam kerja individu dan berkelompok. Siswa seyogyanya : (a) siswa diharapkan mendengarkan penjelasan guru dengan baik agar mudah dalam memahami materi pembelajaran dan penerapan media di dalam kelas; (b) dalam berkelompok peserta didik diharapkan bekerja sama dengan baik dalam kelompoknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci ; Media my trip my adventure, media berita, dan keterampilan menyusun teks eksposisi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Mar 2018 14:48
Last Modified: 02 Mar 2018 14:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30081

Actions (login required)

View Item View Item