KEEFEKTIFAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARANGTENGAH
Susilowati , 2101412037 (2017) KEEFEKTIFAN METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PETUNJUK SISWA KELAS VIII SMP N 1 KARANGTENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (912kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menulis petunjuk merupakan pembelajaran kegiatan mengungkapkan pikiran dan perasaan melaluli tulisan untuk menentukan, memberi arah atau bimbingan bagaimana sesuatu harus dilakukan dengan urutan. Keterampilan menulis petunjuk tidak bisa didapat secara alamiah, tetapi harus melalui proses belajar dan berlatih. Perlu adanya penggunaan metode dan media yang sesuai dengan menulis petunjuk. Metode dan media yang dirasa sesuai dengan pembelajaran menulis petunjuk yaitu metode (Student Team-Achievement Division) dan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media komik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan dari metode STAD (Student Team-Achievement Division) dan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media komik. Metode (Student Team-Achievement Division) diterapkan pada kelas eksperimen I, sedangkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media komik diterapkan pada kelas eksperimen II. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yanga signifikan kemampuan menulis petunjuk antara kelas ekperimen I dan kelas eksperimen II. Metode penelitian yang digunakan adalah ekperimen kuasi atau semu. Tujuan pemilihan metode eksperimen adalah untuk menguji hipotesis yang sudah ditetapkan. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Desain dengan adanya tes awal dan tes akhir pada kelas ekperimen I dan kelas eksperimen II. Pada hasil uji-t kelompok metode STAD (Student Team-Achievement Division) dengan media komik menunjukan perbedaan kondisi akhir yaitu tes akhir lebih baik daripada nilai tes awal karena diperoleh nilai t= 2.760 dengan nilai probabilitas atau Sig.(2-tailed) < 0.005, Maka Ho ditolak dan Hi diterima. Maka metode STAD (Student Team-Achievement Division) dengan media komik dinyatakan efektif. Hasil uji-t kelompok metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media komik menunjukkan perbedaan kondisi akhir nilai tes akhir lebih baik daripada nilai tes awal karena diperoleh nilai t = 10,287 dengan nilai probabilitas atau Sig = 0,000. Oleh karena nilai signifikansi atau Sig.(2-tailed) < 0,005, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Maka metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media komik dinyatakan efektif. Sementara hasil uji-t data posttest kelompok metode STAD (Student Team-Achievement Division) dan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media komik diperoleh nilai t =2,760 dengan nilai signifikansi ,007 sehingga nilai signifikansi atau Sig.(2-tailed) < 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata posttest pada kelompok metode STAD (Student Team-Achievement Division) dan CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media komik. Maka dapat disimpulkan bahwa metode STAD (Student Team-Achievement Division) dengan media komik lebih efektif dibandingkan dengan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dalam pembelajaran keterampilan menulis petunjuk siswa kelas VIII SMP N 1 Karangtengah. Berdasarkan hasil penelitian, metode STAD (Student Team-Achievement Division) dan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media komik dapat digunakan sebagai alternatif pilihan metode dan media pembelajaran menulis petunjuk. Meskipun kedua metode dan media efektif, metode STAD (Student Team-Achievement Division) dengan media komik menunjukkan hasil yang lebih signifikan dibandingkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media komik. Metode STAD (Student Team-Achievement Division) dengan media komik dapat menunjang nilai peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode STAD (Student Team-Achievement Division), metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), media komik, menulis petunjuk |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 14:27 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 14:27 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30079 |
Actions (login required)
View Item |