KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA


Syifa Fauziah Azhar , 2101412029 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA GAMBAR SERI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (890kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di sekolah, masih banyak siswa yang tidak tertarik terhadap pembelajaran menulis cerita pendek. Ketidaktertarikan tersebut menyebabkan menulis cerita pendek menjadi pembelajaran yang sulit dan membosankan, sehingga siswa kurang termotivasi untuk menulis cerita pendek. Kurangnya penguasaan dasar-dasar penulisan, dan penggunaan kalimat juga menjadi kendala bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan solusi berupa penerapan model Think Talk Write (TTW) dan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keefektifan model think talk write dengan media gambar seri dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA, (2) mendeskripsikan keefektifan model cooperative integrated reading and composition dengan media gambar seri dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA, (3) menguji keefektifan model think talk write atau model cooperative integrated reading and composition dengan media gambar seri dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Kelas X.1 SMA Ta‟Allumul Huda Bumiayu sebagai kelas eksperimen 1 yang mendapat perlakuan model TTW dan kelas X.2 SMA An-Nuriyyah Bumiayu sebagai kelas eksperimen 2 yang mendapat perlakuan model CIRC. Proses pembelajaran yang dilakukan pada kedua kelas tersebut adalah tes awal (pretes), perlakuan, dan tes akhir (postes). Tes berupa soal uraian untuk menulis cerita pendek dan nontes berupa observasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) dapat disimpulkan (1) skor pretes dan postes kelas eksperimen 1 (TTW), nilai sig 0,000 <0,05 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa penerapan model TTW dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA efektif, (2) skor pretes dan postes kelas eksperimen 2 (CIRC), nilai sig 0,000 <0,05 sehingga H0 ditolak yang berarti bahwa penerapan model CIRC dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA efektif, (3) terdapat perbedaan antara rata-rata pretes dan postes dalam kelas eksperimen 1 (TTW) dan kelas eksperimen 2 (CIRC) dilihat vii vii dari nilai sig 0,000 <0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima sehingga penggunaan model TTW lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X daripada model CIRC. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah (1) guru sebaiknya menerapkan model Think Talk Write (TTW) dan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), khususnya dalam pembelajaran menulis cerita pendek sehingga kegiatan menulis lebih mudah, (2) guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menulis cerita pendek daripada menerapkan model Integrated Reading and Composition (CIRC) karena pembelajaran akan menjadi lebih efektif, (3) peneliti hendaknya dapat melanjutkan atau melengkapi penelitian ini agar mendapatkan kebaruan dalam dunia pendidikan terutama dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pembelajaran menulis cerita pendek, gambar seri, Think Talk Write (TTW), Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Mar 2018 14:10
Last Modified: 02 Mar 2018 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30077

Actions (login required)

View Item View Item