KEEFEKTIFAN METODE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF NU 02 PAGUYANGAN


Zidti Hilma Nahdiyati , 2101412019 (2017) KEEFEKTIFAN METODE TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN STUDENT TEAM-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP MA’ARIF NU 02 PAGUYANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMP Ma’arif NU 02 Paguyangan, pembelajaran keterampilan menulis puisi terhambat dengan keterbatasan penggunaan metode pembelajaran yang kurang variatif sehingga menimbulkan kejenuhan dan ide siswa tidak berkembang secara maksimal. Oleh karena itu, penulis memberikan solusi berupa penerapan metode Team-Assisted Individualization (TAI) dan metode Student Team Achievement Division (STAD). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan metode Team Assisted Individualisation (TAI) terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 02 Paguyangan, (2) bagaimana keefektifan metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 02 Paguyangan, dan (3) manakah yang lebih efektif anatara metode Team-Assisted Individualization (TAI) dan Student Team-Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 02 Paguyangan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan metode Team Assisted Individualisation (TAI) terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 02 Paguyangan, (2) mengetahui keefektifan metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 02 Paguyangan, dan (3) mengetahui manakah yang lebih efektif anatara metode Team-Assisted Individualization (TAI) dan Student Team-Achievement Division (STAD) terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 02 Paguyangan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen A yang mendapat perlakuan menggunakan metode Team Assisted Individualisation (TAI) dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen B yang mendapat perlakuan berupa metode Student Team-Achievement Division (STAD). Proses pembelajaran yang dilakukan pada kedua kelas tersebut adalah tes awal (pretest), perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest). Tes berupa soal uraian untuk menulis puisi dan nontes berupa obsern=vasi, wawancara, dan dokumentasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: keterampilan menulis puisi, Team-Assisted Individualization, Student Team Achievement Division.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 Mar 2018 14:05
Last Modified: 02 Mar 2018 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30076

Actions (login required)

View Item View Item