IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA POKOK BAHASAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DI KELAS XI AP3 SMK NEGERI 1 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Muhammad Bagus Wijaya , 3101413105 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA POKOK BAHASAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI DI KELAS XI AP3 SMK NEGERI 1 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (358kB) | Preview

Abstract

Fenomena kekerasan seksual disertai dengan pembunuhan pada awal tahun 2016 marak terjadi. Peranan pendidikan karakter sudah sangat diperlukan mengingat tumbuhnya krisis moral di negeri ini menjadi subur. Pendidikan karakter telah menjadi perhatian banyak negara dalam rangka menyelesaikan krisis moral.Sedangkan pembelajaran sejarah memiliki peran dalam pembentukan karakter, seperti pembentukan nilai nasionalisme yang berguna untuk mengantisipasi tantangan global. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah pokok bahasan peristiwa sekitar proklamasi di kelas XI AP3 SMK Negeri 1 Demak, (2) mengetahui kendalakendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah, dan (3) mendeskripsikan partisipasi siswa dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil lokasipenelitian di SMK Negeri 1 Demak. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, gurusejarah,dan siswa kelas XI AP3 SMK Negeri 1 Demak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian inimenggunakan beberapa metode, (1) observasi, (2) wawancara, (3) studi dokumen.Analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3)penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini,(1) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah mengenai peristiwa sekitar proklamasi belum sepenuhnya dilaksanakan, (2) kendala dalam pelaksanaannya terletak pada perencanaan, pelaksanaan, media, dan evaluasi pembelajaran, (3) partisipasi siswa dalam pelaksanaannya baik, terliat para siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran. Bedasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti mengajukan saransebagai berikut: (1) pelaksanaan pendidikan karaker dalam pembelajaran Sejarah ditingkatkan agar siswa memahami arti penting pendidikan karakter, (2) guru Sejarah diharapkan agar meminimalisasi kendala-kendala yang muncul ketika pembelajaran agar pendidikan karakter tersampaikan, (3) siswa senantiasa menjaga keikut sertaan dalam pelaksanaan pendidikan dalam pembelajaran Sejarah dalam kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peristiwa Sekitar Proklamasi, Pembelajaran Sejarah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2018 11:56
Last Modified: 02 Mar 2018 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30068

Actions (login required)

View Item View Item