STUDI ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA N 1 JEPARA DAN SMA N 1 BANGSRI KELAS X SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DALAM KURIKULUM 2013


Nur Aini , 3101413097 (2017) STUDI ANALISIS PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA N 1 JEPARA DAN SMA N 1 BANGSRI KELAS X SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2016/2017 DALAM KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413097.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (553kB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan perihal tentang pemanfaatan sumber belajardalam implementasi Kurikulum 2013 oleh guru sejarah kelas X yang dilakukan di SMA N 1 Jepara dan SMA N 1 Bangsri menunjukkanterkendalanya ketersediaan sumber belajar, sehingga menuntut guru sejarahharus melakukan inovasi-inovasi pembelajaran dalam memanfaatkan sumber belajar sejarah. Tujuanpenelitian ini adalah mengetahui dan mengkaji pemahaman, pemanfaatan, serta kendala-kendala dalam sumber belajar sejarah yang dihadapi guru sejarah kelas X SMA N 1 Jepara dan SMA N 1 Bangsri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. dengan lokasi penelitian di SMA N 1 Jepara dan SMA N 1 Bangsri. Informanadalah guru sejarah kelas X dan peserta didik kelas X SMA N 1 Jepara dan SMA N 1 Bangsri. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis interaksi/interactif analysis models. Hasil penelitian (1) guru sejarah kelas X di SMA N 1 Jepara dan SMA N 1 Bangsri telah paham betul mengenai sumber belajar sejarah baik yang berbasis elektronik, internet maupun fisik. (2) Pemanfaatan sumber belajar sejarah telah dimanfaatkan dengan baik, hanya saja terdapat perbedaan cara pemanfaatan pada sumber belajar fisik yang mengaitkan dengan lingkungan sekitar Jepara yaitu, di SMA N 1 Jepara cara memanfaatkannya seperti dengan pembutan video /film yang dilakukan oleh guru, serta kunjungan langsung ke tempat bersejarah, sedangkan di SMA N 1 Bangsri pemanfaatannya adalah dalam bentuk pembuatan video oleh peserta didik sebagai bentuk penugasan serta bentuk penugasan dengan cara siswa eksplor sendiri ke tempat-tempat bersejarah yang ada di sekitar lingkungan mereka kemudian dipresentasikan. (3) Kendala yang dihadapi guru sejarah dalam pemanfaatan sumber belajar sejarah ini meliputi kendala internal yang berupa perbedaan kualitas dan kemampuan yang dimiliki oleh masingmasing guru dalam setiap sekolah dan kendala eksternal yaitu perbedaansarana prasarana di masing-masing sekolah yang dalam pemenuhan kebutuhan sumber belajar. Sarandalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Perlupeningkatan pemahaman tambahan, (2) Guru sebaiknya lebih kreatif dan inovatif,(3) Diperlukan kerjasama darisekolah, pemerintah, tempat-tempat objek sumber belajar sejarah,dan pribadi guru itu sendiri melalui peningkatan kompetensi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar Sejarah SMA, Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2018 11:47
Last Modified: 02 Mar 2018 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30066

Actions (login required)

View Item View Item