PEMANFAATAN BANGUNAN PENINGGALAN KOLONIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA DI KOTA TEGAL


Mugiarto Rahrjo , 3101413093 (2017) PEMANFAATAN BANGUNAN PENINGGALAN KOLONIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMA DI KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (214kB) | Preview

Abstract

Banyaknya bangunan peninggalan kolonial di Kota Tegal yang memiliki relevansi dalam pembelajaran sejarah, menjadi daya tarik tersendiri bagi guru sejarah .Bangunan-bangunan peninggalan colonial tersebut memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sumber belajar sejarah. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana relevansi bangunan peninggalan colonial sebagai sumber belajar sejarah pada pokok bahasan kolonial di SMA Kota Tegal, (2) Bagaimana Pemanfaatan bangunan peninggalan kolonial yang ada di Kota Tegal dalam pembelajarans ejarah pada pokok bahasan kolonial di SMA Kota Tegal, danserta (3) Apa saja kendala dalam pemanfaatan bangunan peninggalan kolonial yang ada di Kota Tegal sebagai sumber belajar sejarah SMA di Kota Tegal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan relevansi bangunan peninggalan colonial sebagai sumber belajar sejarahpada pokok bahasan kolonial di SMA Kota Tegal, (2) menganalisis pemanfaatan bangunan peninggalan kolonial yang ada di Kota Tegal dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan kolonial di SMA Kota Tegal, dan serta (3) mengidentifikasi kendala dalam pemanfaatan bangunan peninggalan kolonial yang ada di Kota Tegal sebagai sumber belajar sejarah SMA di Kota Tegal Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMA Negeri 4 Kota Tegaldan SMA Negeri 2 Kota Tegal.Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah dan peserta didik.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa metode, (1) observasi, (2) wawancara mendalam, (3) studi dokumen.Analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data, (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini yakni (1) bangunan peninggalan kolonial di kota tegal memiliki relevansi dalam pembelajaran sejarah. (2) guru memanfaatkan dengan cara mengkaitkan bangunan dengan materi yang sedang disampaikan dan pemberian tugas kepada peserta didik membuat film sejarah, (3) Dalam penelitian ini biaya, waktu dan ijin instansi menjadi kendala dalam pemanfaatan bangunan peninggalan sebagai sumber belajar sejarah. Dalam penelitian ini penulis memberikan saran bahwa siswa harus lebih dikenalkan lagi dengan bangunan yang ada di Kota Tegal serta guru mengadakan karya wisata sejarah. Dengan begitu siswa akan jauh lebih mengenal sejarah atau peristiwa yang pernah terjadi di kotanya sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bangunan Peninggalan Kolonial, Sumber Belajar Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2018 11:42
Last Modified: 02 Mar 2018 11:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30065

Actions (login required)

View Item View Item