PERSEPSI SISWA TERHADAP NILAI-NILAI KEJUANGAN YANG TERKANDUNG DALAM PERISTIWA PALAGAN AMBARAWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA SE-KECAMATAN AMBARAWA


Dwi Rahayuning Tyas , 3101413083 (2017) PERSEPSI SISWA TERHADAP NILAI-NILAI KEJUANGAN YANG TERKANDUNG DALAM PERISTIWA PALAGAN AMBARAWA MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA SE-KECAMATAN AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (218kB) | Preview

Abstract

Di dalam pelajaran sejarah banyak pokok bahasan atau topiktopik yang mengandung nilai-nilai kejuangan. Misalnya ketika sedang membahas materi Peristiwa Palagan Ambarawa. Pada saat ini tidak semua generasi penerus memahami tentang hal ini, karena semakin gencarnya arus globalisasi yang mengakibatkan memudarnya sikap nasionalisme dan patriotisme pada diri anak bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pembelajaran sejarah pada materi peristiwa Palagan Ambarawa pada siswa SMA Se-Kecamatan Ambarawa; (2) Untuk mengetahui peran guru mata pelajaran sejarah melakukan pembinaan nilai-nilai kejuangan dalam pembelajaran sejarah guna meningkatkan semangat kebangsaan siswa SMA Se-Kecamatan Ambarawa; (3) Untuk mengetahui persepsi siswa SMA Se-Kecamatan Ambarawa tentang nilai-nilai kejuangan dan keteladanan pahlawan khususnya dalam peristiwa Palagan Ambarawa dalam pembelajaran sejarah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ambarawa, SMA Islam Sudirman Ambarawa, dan SMA Kanisius Ambarawa. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi/pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode, serta teknik analisis data meliputi beberapa langkah yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran sejarah pada materi peristiwa Palagan Ambarawa pada siswa SMA Se-Kecamatan Ambarawa berbeda-beda, setiap guru menggunakan metode yang berbeda baik dalam penyampaian materi maupun pemberian tugas. (2) Saat pembelajaran sejarah tentang materi Peristiwa Palagan Ambarawa, guru menyampaikan nilai-nilai kejuangan yang terkandung didalamnya. Cara penyampaiannya juga berbedabeda. (3) Persepsi siswa di SMA Se-Kecamatan Ambarawa terhadap nilai-nilai kejuangan yang terkandung dalam Peristiwa Palagan Ambarawa melalui pembelajaran sejarah bersifat positif karena asal mereka dekat dengan lingkungan objek siswa lebih cenderung mengetahui tentang sejarah Peristiwa Palagan Ambarawa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan agar guru sejarah harus lebih kreatif dalam menyampaikan nilai-nilai kejuangan yang terdapat dalam Peristiwa Palagan Ambarawa agar siswa lebih mudah memahaminya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Nilai-nilai Kejuangan, Peristiwa Palagan Ambarawa, Pembelajaran Sejarah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2018 11:30
Last Modified: 02 Mar 2018 11:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30063

Actions (login required)

View Item View Item