PEMANFAATAN BENTENG VAN DER WIJCK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA POKOK BAHASAN KOLONIALISME DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Terang Dwiyani Maharani , 3101413075 (2017) PEMANFAATAN BENTENG VAN DER WIJCK SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA POKOK BAHASAN KOLONIALISME DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (265kB) | Preview

Abstract

Upaya untuk melaksanakan pembelajaran sejarah dengan berlakunya kurikulum 2013 salah satunya yaitu memanfaatkan sebuah situs. Di Kabupaten Kebumen terdapat sebuah situs Benteng Van Der Wijck. Pemanfaatan Benteng Van Der Wijck sebagai sumber belajar sejarah merupakan bentuk pemecahan masalah dalam pembelajaran sejarah yang hanya menggunakan metode konvensional. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana relevansi dan pemanfaatan benteng Van Der Wijck sebagai sumber belajar sejarah? 2) Apa sajakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan benteng Van Der Wijk? Pembelajaran sejarah dengan menggunakan bukti sejarah sebagai sumber belajar akan membuat siswa antusias mengikuti pelajaran. Benteng Van Der Wijck merupakan salah satu bukti sejarah yang ada di wilayah Kabupaten Kebumen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan Benteng Van Der Wijck sebagai sumber belajar sejarah pada pokok bahasan kolonialisme di kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan Benteng Van Der Wijck sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, penelitian ini berfokus pada pemanfaatan Benteng Van Der Wijck sebagai sumber belajar sejarah pada pokok bahasan kolonialisme di kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber dan metode peneliti gunakan untuk menguji keabsahan data. Analisis data dapat dilakukan dengan cara interaktif dan berlangsung terus menerus sampai tuntas. Hasil dari penelitian ini benteng Van der Wijck sebagai sumber pembelajaran sejarah adalah: 1. Benteng Van der Wijck dapat digunakan sebagai sumber belajar sejarah, selain karena relevan dengan materi kolonialisme, didalam benteng juga terdapat museum mini serta benda-benda peninggalan Belanda yang akan menarik minat siswa dalam pembelajaran sejarah. 2. Kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa yaitu : alokasi waktu yang relatif singkat, teknik pengorganisasian yakni pengkondisian siswa yang cukup sulit, dan masalah transportasi. Saran bagi guru, hendaknya guru terus melakukan inovasi dalam pembelajaran, salah satunya seperti memanfaatkan bangunan bersejarah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan kualitas belajar yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Benteng Van Der Wijck, Sumber Belajar, Kolonialisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2018 12:36
Last Modified: 01 Mar 2018 12:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30062

Actions (login required)

View Item View Item