PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER DENGAN SUBTEMA “PERTEMPURAN PALAGAN AMBARAWA” DI KELAS XI SMA N 1 AMBARAWA


Angga Pradana , 3101413072 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER DENGAN SUBTEMA “PERTEMPURAN PALAGAN AMBARAWA” DI KELAS XI SMA N 1 AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (336kB) | Preview

Abstract

Pengembangan bahan ajar sejarah berbentuk video adalah bahan ajar dibuat untuk mengatasi minimnya bahan ajar untuk kelas XI dan sebagai pelengkap ataupun pendamping materi sejarah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan media pembelajaran yang selama ini digunakan di SMA N 1 Ambarawa dan analisis kebutuhan bahan ajar. (2) menghasilkan pengembangan media pembelajaran sejarah Pertempuran Palagan Ambarawa (3) mengetahui kelayakan media berbentuk video yang dikembangkan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research and Development. Sumber data pada penelitian ini ialah guru, siswa, proses pembelajaran, dokumen dan angket. Uji objektivitas data yaitu triangulasi metode, triangulasi sumber dan validitas. Teknik analisi data dalam penelitian ini adalah deskriptip kualitatif untuk tahab pendahuluan, teknik analisa kuantitatif untuk tahab pengembangan dan tahab evaluasi menggunakan teknik analisa kuantitatif menggunakan skala likert. Media pembelajaran yang selama digunakan di kelas yaitu power point dan video. Video yang digunakan selama ini adalah video yang tidak mempunyai alur cerita, dari video yang hanya berisi foto dan tulisan diiringi musik dikembangkan menjadi video mempunyai gambar gerak yang sesuai dengan materi, dan antara gambar dan suara yang keluar juga sesuai. Pengembangan media pembelajaran video dokumenter melalui enam tahab yaitu judul, pembuatan naskah, pengambilan gambar, proses editing, validasi dan revisi validasi. Tingkat kelayakan dari ahli media menunjukan rata-rata 82,78% (kategori sangat baik), ahli materi rata-rata 87,5% (kategori sangat baik). Kelas XI IPS I mendapat angka respon sebesar 87,2% (kategori sangat baik) dan untuk kelas XI MIPA IV mendapat angka respon sebesar 81,6% (kategori baik). Saran, terdapat salah satu part dalam video yang memiliki kualitas suara yang kurang baik yaitu pada durasi 12.00-12.50, sebaiknya guru menaikan volume di part tersebut agar suara terdengar dengan jelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video Pembelajaran, Pertempuran Palagan Ambarawa
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2018 12:18
Last Modified: 01 Mar 2018 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30061

Actions (login required)

View Item View Item