IDENTIFIKASI DAN PEMANFAATAN POTENSI SUMBER BELAJAR BERBASIS PENINGGALAN SEJARAH DI AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG
Laiva Mailina , 3101413066 (2017) IDENTIFIKASI DAN PEMANFAATAN POTENSI SUMBER BELAJAR BERBASIS PENINGGALAN SEJARAH DI AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (231kB) | Preview |
Abstract
Ambarawa memiliki beberapa peninggalan sejarah yang berpotensi sebagai sumber belajar. Peninggalan sejarah tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah di sekolah. Upaya untuk mewujudkan sumber belajar sejarah dengan efektif dan optimal adalah dengan memanfaatkan sumber belajar di sekitar siswa. Salah satunya yaitu bertujuan menguatkan pemahaman siswa mengenai sejarah lokal. Pembelajaran ini juga mengandung makna memberikan pemahaman terhadap lingkungan kepada anak didik. Bukti-bukti atau peninggalan-peninggalan terjadinya suatu peristiwa sejarah, yang terdapat di Ambarawa seperti Stasiun Kereta Api Ambarawa, Palagan Ambarawa dan Museum Isdiman, Makam Dr. Cipto Mangunkusumo, Benteng Williem I dan Candi Gedong Songo. Peninggalan sejarah tersebut merupakan sumber belajar yang dapat memudahkan siswa memahami materi pembelajaran sejarah yang telah disampaikan oleh guru pada proses belajar mengajar di kelas. Untuk mengenalkan dan melestarikan peninggalan sejarah yang ada di Ambarawa sekiranya penulis perlu pengidentifikasian terlebih dahulu untuk selanjutnya bisa menjadi potensi sumber belajar sejarah yang baik bagi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan fenomenologi dengan lokasi penelitian di MA Al Bidayah, SMA Taman Madya dan SMA Kanisius Bakti Awam Ambarawa. Informan adalah guru sejarah dan siswa dari ketiga sekolah tersebut serta pamong budaya dan pengelola peninggalan sejarah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi peninggalan sejarah di Ambarawa yang menjadi obyek penelitian dalam kaitannya pemanfaatan situs tersebut sebagai sumber belajar sudah layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar. Adapun dalam pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar yang sudah dilaksanakan di SMA di Ambarawa berbeda-beda di setiap sekolah tergantung dari faktor-faktor pendukung pembelajaran dari masing-masing sekolah. Kendala yang dihadapi guru sejarah dalam pelaksanaan pemanfaatan situs sejarah yang ada di Ambarawa berbeda-beda tergantung kepada bentuk pemanfaatan situs sejarah itu sendiri dan faktor-faktor pendukung pembelajaran dari masing-masing sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peninggalan Sejarah, Peninggalan Sejarah sebagai Sumber Belajar , Sumber Belajar Sejarah |
Subjects: | L Education > Special Education > History Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2018 12:05 |
Last Modified: | 01 Mar 2018 12:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30057 |
Actions (login required)
View Item |