PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS PADA MATERI SEJARAH OLEH GURU IPS DI MTS MADARIJUL HUDA KEMBANG KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI


Hikmatul Lailia , 3101413054 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS PADA MATERI SEJARAH OLEH GURU IPS DI MTS MADARIJUL HUDA KEMBANG KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101413054.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (305kB) | Preview

Abstract

Direktur Pendidikan Menengah Kejuruan (dalam Depdiknas, 2008: 6) menyebutkan bahwa bahan ajar merupakan seperangkat materi/substansi pembelajaran (teaching material) yang disusun secara sistematis, menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai siswa dalam kegiatan pembelajaran.Pengembangan bahan ajar mutlak untuk dilakukan bilamana bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum tidak ada ataupun sulit diperoleh. Untuk mengembangkan bahan ajar, referensi dapat diperoleh dari berbagai sumber baik itu berupa pengalaman dan pengetahuan sendiri, ataupun penggalian informasi dari berbagai narasumber. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui bagaimana persepsi guru MTs Madarijul Huda Kembang tentang pengembangan bahan ajar IPS materi sejarah, (2) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar IPS materi sejarah oleh guru IPS di MTs Madarijul Huda Kembang, dan (3) Untuk mengetahui bagaimana teknik evaluasi yang digunakan oleh guruIPS di MTs Madarijul Huda Kembang terkait bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan penelitian dilakukan di MTs Madarijul Huda Kembang Kecamatan Dukuhseti Kabupaten Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data penelitian dianalisis dengan dengan analisis interaktif, meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Persepsi guru IPS terhadap pengembangan bahan ajar IPS pada materi sejarah menganggap bahwa pengembangan bahan ajar sangat penting untuk dilakukan dan juga pengembangan bahan ajar akan membantu siswa dalam meningkatkan proses belajar. Hanya saja, terkait dengan kriteria bagaimana seseorang dikatakan melakukan pengembangan bahan ajar atau tidak, guru memiliki persepsi yang berbeda, (2) Proses pengembangan bahan ajar IPS pada materi sejarah yang dilakukan oleh guru secara umum sesuai dengan tahap-tahap pengembangan bahan ajar, dan (3) Teknik evaluasi pada pembelajaran menggunakan bahan ajar yang telah dikembangkan secara umum sama. Dimana semua guru menggunakan teknik evaluasi dalam bentuk tes dan nontes. Saran yang dianjurkan dalam penelitian ini yaitu Guru perlu memperbaiki penyusunan bahan ajar untuk pembelajaran, memperbarui informasi kesejarahan terbaru, serta memanfaatkan media dan fasilitas yang telah tersedia dengan optimal dan Guru hendaknya senantiasa harus meningkatkan kreatifitas, motivasi dan variasi dalam pembelajaran IPS pada materi sejarah. melalui hal tersebut siswa tidak akan merasa bosan dan akan lebih tertarik lagi dengan pelajaran IPS materi sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, IPS Materi Sejarah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2018 11:56
Last Modified: 01 Mar 2018 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30055

Actions (login required)

View Item View Item